Senin, 06 Desember 2010

Konflik Antar Sukubangsa Melayu dan Dayak Dengan Madura di Kab. Sambas, Kalbar

Kerusuhan Sambas dan Pemicunya
Frustasi sosial yang meluas dan mendalam karena merasa bahwa kehidupan mereka itu didominasi secara curang dan sewenang-wenang dan dengan cara kekerasan oleh orang Madura telah membuat orang Melayu hanya mampu menggerutu dan mengeluh. Tidak seorang pun di antara mereka, sebelum kerusuhan Melayu-Madura itu terjadi, yang berani menantang dominasi tersebut. Mereka hanya ikut bersorak sorai di dalam hati pada waktu terjadi kerusuhan Dayak-Madura di Sanggau Ledo pada tahun 1996-1997, dimana orang-orang Madura yang terbunuh cukup banyak jumlahnya. Kebudayaan dan kesukubangsaan orang Dayak berbeda dari yang dipunyai olehn orang Melayu. Corak kesukubagsaan orang Dayak mirip dengan corak kesukubangsaan yang dipunyai oleh orang Madura. Kebudayaan orang Dayak juga mirip dengan kebudayaan orang Madura. Orang Dayak mampu untuk melawan kekerasan orang Madura dengan kekerasan dan mampu untuk melawan kekejaman dengan kekejaman yang sama atau bahkan lebih kejam dari pada yang telah dilakukan oleh orang-orang Madura.
Menurut keterangan sejumlah tokoh Dayak dan tokoh Madura yang saya jumpai di Singkawang pada tahun 1999, antara tahun 1962-1999 telah terjadi kerusuhan berdarah sebanyak 11 kali. Kerusuhan dengan banyaknya korban yang terbunuh dan harta benda yang hancur yang diderita oleh kedua belah pihak adalah kerusuhan yang terjadi pada tahun 1996-1997 (lihat Suparlan 1998). Pada setiap konflik berdarah antara Dayak-Madura yang telah terjadi selama 11 kali tersebut, konflik selalu dihentikan dengan sebuah upacara perjanjian damai yang diwakili oleh para tokoh dari masing-masing pihak. Tetapi setiap perjanjian perdamaian Dayak-Madura yang telah dibuat sebanyak 11 kali tersebut selalu dilanggar oleh orang Madura yang dengan secara khilaf melukai atau membunuh orang Dayak dalam suatu persengketaan.
Orang Madura yang berani mati bukan hanya karena memang berani mati yang dikarenakan mempunyai prinsip “harga nyawa cuma sebenggol”, tetapi juga karena mereka itu percaya pada do’a dan jimat atau isim yang diberikan oleh para kyai atau guru mereka. Sedangkan orang Dayak memperoleh kekuataan dan keberanian dari roh-roh panglima perang yang menjadi nenek moyang mereka yang dapat dipanggil sewaktu-waktu untuk melindungi dan mempertahankan ketentraman kehidupan mereka. Untuk itu mereka harus melakukan upacara keagamaan yang dinamakan matok untuk memanggil tokoh panglima tersebut, yang dinamakan kamang tariu dimana kata tariu sebenarnya berarti teriakan , yaitu teriakan perang yang menggetarkan seluruh sendi tulang musuh yang mendengarnya, untuk merasuk ke dalam tubuh orang-orang Dayak yang memanggilnya yang merupakan anak-anak cucu dari kamang tariu atau si panglima perang. Dalam upacara tersebut persyaratan utama adalah menyembelih ayam jantan berbulu merah dan anjing berbulu merah untuk orang-orang Dayak Sungkung, Bengkayang, Selamatan, dan Seluas. Sedangkan untuk orang-orang Dayak di Jawai, Tebas, Pemangkat, Paloh dan sekitarnya yang disembelih adalah ayam jantan berbulu hitam dan anjing yang juga berbulu hitam. Darah hewan ini ditampung di sebuah mangkuk, sehingga mangkuk yang semula putih itu menjadi berwarna merah. Mangkuk berwarna merah dengan darah atau dikenal dengan nama ‘mangkuk merah’ inilah tanda bahwa orang Dayak sudah siap untuk berperang. Orang-orang Dayak yang berpartisipasi dalam upacara tersebut melantunkan do’a dan menari-nari dan menjilat darah dalam mangkuk atau menghirup baunya, yang dengan cara itu dipercaya bahwa kamang tariu telah merasuk kedalam tubuh mereka masing-masing. ‘mangkuk merah’ ini kemudian diedarkan kepada orang-orang Dayak lainnya yang tinggal dikomuniti yang bersangkutan maupun yang tinggal di komuniti-komuniti lainnya yang tersebar di kabupaten Sambas. Pengedaran ‘mangkuk merah’ ke komuniti-komuniti Dayak di daerah pedesaan yang luas adalah dimaksudkan bahwa peperangan telah siap untuk dijalankan dan solidaritas Dayak diminta untuk diwujudkan dalam bentuk partisipasi mereka di dalam kancah peperangan. Pada waktu peperangan telah berakhir, seperti yang terjadi antara orang Dayak melawan Madura, maka roh kamang tariu atau panglima perang itu harus dikembalikan ketempat peristirahatannya yang semula. Untuk itu perlu diadakan upacara lagi yang biayanya lebih mahal dari pada upacara memanggil kamang tariu. Menurut keterangan seorang tokoh Dayak yang tinggal di Singkawang upacara pengembalian roh-roh kamang tariu itu harus dilakukan agar para roh tersebut tidak mengganggu kehidupan sehari-hari orang Dayak yang mencintai kehidupan dan kedamaian dengan sesama baik yang terlihat maupun yang tidak dan baik dengan manusia maupun dengan sesama mahluk lainnya.
Berbeda dengan konflik antara orang Dayak dengan orang Madura yang telah terjadi sebanyak 11 kali, maka konflik antara orang Melayu dengan orang Madura hanya terjadi sekali yang berupa konflik berdarah antar dua sukubangsa ini secara besar-besaran dan menyeluruh serta habis-habisan. Kesan saya, dari kerusuhan-kerusuhan yang terjadi, yang sempat saya amati di wilayah Sungai Raya, adalah mengamuknya tokoh seperti Hang Jebat dalam cerita hikayat Hang Tuah. Orang-orang Melayu yang biasanya lemah lembut budi pekerti serta tutur sapanya dan penakut, telah berubah menjadi beringas dalam dalam kelompok-kelompok amuk massa yang tidak dapat dibendung atau dikendalikan lagi dalam upaya untuk menghancurkan orang-orang Madura dengan segala harta bendanya yang ada setempat. Keberingasan orang-orang Melayu, khususnya para remaja dan pemudanya, telah dipicu oleh peristiwa “Parit Setia” dan oleh sejumlah peristiwa yang sama yang berturut-turut terjadi setelah itu.
Pada tanggal 19 Januari 1999, tepat pada hari Raya Idul Fitri, warga masyarakat desa Parit Setia, kecamatan Jawai diserang oleh kira-kira 200an orang Madura dari desa Sarimakmur, kecamatan Tebas yang bertetangga dengan kecamatan Jawai. Tiga orang penduduk desa Parit Setia dibunuh dan sejumlah lainnya luka-luka. Dua orang Polisi yang menghadang orang-orang Madura tersebut dibuat tidak berdaya dan semua senjata mereka dirampas. Peristiwa “Parit Setia” tersebut bermula dari peristiwa yang telah terjadi sebelumnya, yaitu pada tanggal 17 Januari 1999, dimana seorang pencuri asal Madura dari desa Sarimakmur, kecamatan Tebas, tertangkap basah oleh tuan rumah pada waktu sedang mengumpulkan barang-barang di rumah dari penduduk setempat setelah mebongkar pintu rumah tersebut. Pencuri sial tersebut dikeroyok, ditangkap, dan dipukuli sampai babak belur oleh tuan rumah yang kecurian dan oleh para tetangganya. Pada pagi harinya, tanggal 18 Januari 1999, pencuri tersebut diserahkan kepada Pos Polisi setempat. Petugas kepolisian di Pos Polisi membawa si pencuri ke Puskemas untuk diobati luka-lukanya, dan setelah itu disuruh pulang. Alasannya karena Polisi tersebut tidak berani menanggung resiko kalau Pos Polisi diserang dan dihancurkan oleh orang-orang Madura lainnya.
Apa yang menyakitkan hati orang-orang Melayu dari peristiwa penyerangan di desa Parit Setia oleh orang-orang Madura dari desa Sarimakmur adalah teriakan ‘Allah hu Akbar’ berkali-kali yang dikumandangkan oleh para penyerang tersebut. Teriakan ‘Allah hu Akbar’ ini dibarengi dengan teriakan-teriakan ejekan “Melayu Kerupuk” dan “Melayu Kalah 3-0” (artinya orang Melayu di desa Parit Setia meninggal 3 orang dan tidak satupun orang Madura yang meninggal ataupun terluka dalam penyerangan tersebut). Teriakan-teriakan ini terdengar dengan jelas oleh orang-orang Melayu warga desa Parit Setia yang bersembunyi di semak-semak belukar di desa itu dan menyaksikan pawai kemenangan orang-orang Madura yang dengan berkendaraan truk berkeliling desa. Para pemuda Melayu dari desa-desa di kecamatan-kecamatan yang berdekatan dengan kecamatan Jawai menjadi resah dan bersiap-siap untuk menyerang desa Sarimakmur, dan menghancurkan rumah-rumah orang Madura. Berkat hambatan dan cegahan dari orang-orang tua mereka, maka upaya para pemuda dan remaja Melayu itu dapat digagalkan. Pada tanggal 23 Januari 1999 berkat bantuan dari para pejabat di kabupaten Sambas dan tokoh-tokoh Melayu, para tokoh desa masyarakat Parit Setia dan desa Sarimakmur di pertemukan dan diadakan perdamaian. Suasana yang panas telah menjadi reda berkat perjanjian perdamaian tersebut, walaupun orang-orang Melayu masih memendam rasa sakit hati karena tidak sepatah kata ‘minta maaf’ pun yang dilontarkan oleh pihak orang Madura atas kematian dan luka-luka yang diderita oleh warga desa Parit Setia.
Pada tanggal 21 Januari seorang preman Madura yang naik kendaraan umum dari kota Singkawang ke arah kota Sambas tidak mau membayar biaya angkutan pada waktu dia berhenti di dekat desa Semparuk. Merasa sakit hati karena dipelototi oleh kenek dan supir yang orang Melayu, si preman Madura tersebut pulang ke rumah mengambil clurit. Dengan berbekal clurit dia menghadang kendaraan umum tersebut yang kembali ke arah kota Singkawang, menyuruh kendaraan tersebut berhenti dan menclurit si kenek. Pada jam 01.00 tanggal 22 Januari 1999, keesokan harinya, orang-orang Melayu di desa Semparuk yang sebagian besar adalah para pemuda dan remaja menyerang rumah si preman Madura yang bernama Rodi bin Muharap. Tetapi Rodi bin Muharap tidak ditemukan dan sebaliknya seorang pemuda Melayu meninggal dunia karena ditembak dengan menggunakan senjata lantak oleh orang-orang Madura teman Rodi. Peristiwa kematian pemuda Melayu tersebut membakar kemarahan para pemuda dan remaja Melayu yang sudah tidak dapat dikendalikan lagi oleh orang-orang tua mereka. Pada jam 02.00 pagi hari itu juga mereka menyerang dan membakar serta menghancurkan rumah-rumah dan ruko-ruko milik orang Madura yang ada di desa-desa dan pinggiran kota di wilayah kecamatan Tebas, Pemangkat, dan Jawai. Sejumlah orang Madura meninggal dunia dan luka-luka, dan tercatat 60 buah bangunan rumah dan ruko yang dihancurkan. Kegiatan untuk menghancurkan orang-orang Madura dan rumah-rumah serta harta benda mereka berlangsung terus sampai tanggal 27 Februari 1999.
Pada tanggal 27 Februari 1999 penyerangan orang-orang Melayu terhadap orang-orang Madura dihentikan atas perintah orang tua dan tokoh-tokoh Melayu di Sambas, karena pada hari itu ditanda tangani perjanjian perdamaian orang Melayu-orang Madura oleh para tokoh dari kedua belah pihak dengan disaksikan oleh pimpinan dan para pejabat kabupaten Sambas. Tokoh-tokoh dari kedua belah pihak juga sepakat untuk masing-masing secara individual tidak membawa senjata tajam di tempat-tempat umum. Tetapi perjanjian tersebut dilanggar oleh seorang Madura asal desa Sempadung yang pada tanggal 14 Maret 1999 menikam seorang pemuda Melayu yang menegurnya karena membawa parang secara terbuka di jalan umum. Hari itu juga orang-orang Melayu mengambil tekad tidak akan lagi berdamai dengan orang-orang Madura. Sejak saat itu juga perang antara para pemuda Melayu dengan orang-orang Madura berlangsung di desa-desa dan di kota-kota dalam wilayah kabupaten Sambas. Kalau sebelum peristiwa ini orang-orang Madura yang menyerang orang-orang Melayu yang ketakutan, maka keadaannya sekarang menjadi terbalik. Kampung-kampung orang Madura di kota Singkawang dan di desa-desa yang tercakup dalam tiga kecamatan di bagian selatan dari kota Singkawang secara relatif masih aman karena belum diserang habis-habisan oleh orang-orang Melayu sampai dengan minggu ke-empat bulan April 1999. sedangkan di wilayah timur dan utara di kabupaten Sambas keadaannya dapat dikatakan sudah tidak ada lagi orang Madura dan rumah serta harta milik mereka yang utuh. Orang-orang Madura tersebut dengan cepat diungsikan dengan pengawalan ketat oleh para petugas keamanan untuk menghindari jumlah korban yang lebih besar daripada yang sudah ada.
Kerusuhan berdarah antara orang Melayu dengan orang Dayak nampaknya tidak cukup bagi orang Madura. Karena mereka itu masih mencari musuh lainnya, yaitu orang Dayak yang telah menjadi musuh bebuyutan mereka. Pada tanggal 16 Maret 1999, pukul 15.00 waktu setempat, di dusun Parakan Tanjung (yang merupakan dusun yang komunitinya secara homogen terdiri atas orang-orang Madura), dari desa Harapan, kecamatan Pemangkat, sekelompok orang Madura mencegat sebuah kendaraan umum yang melintas di jalan raya di tepi dusun tersebut. Kendaraan umum tersebut dalam perjalanan mengangkut buruh dan pekerja dari daerah kecamatan kota Sambas ke arah kota Singkawang. Dalam kendaraan umum tersebut terdapat dua orang Melayu, tiga orang Jawa dan 26 orang Dayak. Kesemua penumpang dapat melarikan diri dan bersembunyi di semak dan belukar di tepi hutan dan kemudian diselamatkan oleh orang-orang Melayu di desa Melayu yang berdekatan, kecuali satu orang Dayak yang dapat ditangkap oleh orang-orang Madura dan dibunuh di tempat itu juga. Orang Dayak yang dibunuh oleh orang Madura tersebut, Martinus amat bin Paran, adalah warga desa Selawit, kecamatan Salamantan, yang terletak di sebelah timur kota Singkawang.
Kematian Martinus telah menyebabkan keluarga dan orang-orang Dayak melakukan upacara matok dan mengedarkan ‘mangkuk merah’ kekomuniti-komuniti Dayak lainnya di kabupaten Sambas. Penyerangan terhadap orang-orang Madura sekarang ini tidak lagi hanya dilakukan oleh orang-orang Melayu tetapi juga oleh orang-orang Dayak dengan cara-cara seperti pada waktu masih berlakunya pengayauan, dengan cara-cara pemenggalan kepala dan mutilasi tubuh serta kanibalisme. Situasi masyarakat kabupaten Sambas betul-betul rusuh. Petugas keamanan dari Polri dan Brimob serta PHH (pasukan Anti Huru Hara dari ABRI) tidak mampu untuk mengatasi kerusuhan dan pembunuhan serta pembakaran dan penghancuran rumah-rumah orang Madura. Orang-orang Madura di timur kota Singkawang, yaitu di daerah Bengkayang dan sekitarnya, habis dibunuh oleh orang-orang Dayak atau lari mengungsi ketempat-tempat penampungan pengungsian dan berada dibawah perlindungan petugas keamanan. Setiap hari pada waktu itu selalu terdengar berita dibunuh atau dilukainya orang-orang Madura serta pembakaran rumah dan harta benda mereka. Korban yang terbunuh dan luka-luka bukannya hanya orang Madura tetapi juga orang-orang Melayu dan Dayak walaupun jumlahnya relatif sedikit. Jumlah pengungsi Madura yang tercatat di tempat-tempat penampungan pengungsi di Pontianak dan di kota Singkawang ada 37.000 orang. Orang-orang Melayu dan Dayak di kabupaten Singkawang telah bertekad untuk menghancurkan atau mengusir orang Madura dan berbagai atributnya dari wilayah kabupaten Sambas. Cara-cara yang mereka lakukan adalah dengan kekerasan, karena menurut mereka orang Madura hanya mengerti bahasa kekerasan. Karena situasinya yang rusuh ini, Kapolda Kalimantan Barat pada bulan April 1999 mengeluarkan perintah tembak di tempat bagi para perusuh dan menangkap siapa saja yang kedapatan membawa senjata tajam di tempat-tempat umum.

44 komentar:

  1. Janganlah mengutarakan hal yang fakta serta kebenarannya tidak terlihat mata... Asal muasal konflik tidak melulu karena kesalahan salah satu etnis, banyak hal bisa dijadikan barometer, seperti Kesenjangan sosial dan provokasi
    Seandainya saja perilaku bar - bar suku asli kalimantan tidak di beking aparat yang menyita senjat suku madura, lalu melakukan pengeroyokan secara besar - besaran saya tidak yakin mereka "Berani" secara jantan menghadapi Suku Madura dari depan dan bukan menusuk dari belakang

    APA JADINYA BILA SETELAH TRAGEDI SAMPIT, ORANG -ORANG SUKU MADURA YANG TIDAK HANYA BERASAL DARI P. MADURA MELAINKAN MAYORITAS KABUPATEN SE-JATIM YANG MEMANG SEBAGIAN BESAR BER-ETNIS MADURA BENAR - BENAR MENYERBU P. KALIMANTAN? UNTUNGLAH TOKOH UTAMA MEREKA MASIH MENAHAN DIRI. JADI BERHATI - HATILAH MENGUNGKAPKAN FAKTA YANG DAYAKSENTRIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini kami orang DAYAK tidak pernah takut dengan orang MADURA,
      jika berani
      silahkan serang pulau kalimantan
      kami selalu siap.
      MADURA hanyalah suku pendatang di kalimantan
      ingat itu,
      mereka datang hanya untuk menjadi kuli.

      Hapus
    2. sumatera/melayu pro dayak

      Hapus
    3. itang, kami tantang bikin rusuh di salah satu kota sumatera. bagaimana kalau di palembang? ah mustahil madura punya nyali di kota ini.

      Hapus
    4. Haha itang.jangan ngimpi deh.serang aja.ntar ente yg kocar kacir.kmi menghormati suku lain jika ia berbuat baik dan tidak merusuh di wilayah kami.camkan itu!

      Hapus
    5. anda kan tidak tahu persoalannya. orang Madura selalu memulai perkara. di Parit Setia seharusnya pencuri (Madura) tersebut jangan main lapor kalau dirinya dipukuli org kampung Melayu, melainkan katakan juga sebab sebabnya dia dipukuli. Dia tidak mengakui dirinya mencuri bukan? nah itulah persoalannya orang madura. Salah tapi ngotot. Sekali dilawan keok.

      Hapus
    6. kesenjangan sosial? Bukannya yang Madura yang mencuri di kampungnya org Melayu? nah yang senjang siapa? Orang Melayu, Dayak atau orang Madura sendiri? kenapa mencuri? apanya yang harus dicemburui dari seorang pencuri? Jangan ngawur ucapan anda bung.

      Hapus
  2. ITANG EVRIANTO yang TERHORMAT. saya salut anda berani mengutarakan suku asli Kalimantan sebagai suku Barbar. namun tolong jelaskan sejelas-jelasnya APA ITU BAR-BAR/ bar bar? dan bandingkan dengan suku asli Kalimantan? tolong pelajari lagi dengan benar dan jangan setengah-setengah tentang suku asli di Kalimantan. apakah benar dan terbukti seperti yang anda tuduhkan. pelajari ETNISITAS, Pelajari Teori Kemajemukan dan jangan asal cap!! Hati-hati berkomentar atas blog seseorang jika tidak pernah mengalami langsung konflik seperti dalam blog ini.

    BalasHapus
  3. jancrot lo itang,ngomong doang bisanya. Lu sok tau aja, suku lo tuh bar bar. Ampas klo ga tw apa" ga usah asal ngomong. Lu orang madura kn? MADURA ANJING

    BalasHapus
  4. Thank you gan atas infonya,,, :)



    Salam dari Lionel Mathius

    BalasHapus
  5. Penggal Terus Kepala Madura :D

    BalasHapus
  6. suku Dayak suku yang ramah,lemah lembut dan sosial nya tinggi dan mau berbagi namun dibalik keramahannya ada jiwa ksatria yg tertanam dalam jiwa suku dayak,,sebenarnya suku dayak tidak ingin hal ini terjadi namun karena ketidak adilan dari aparat dan kesemena-menaan suku M maka mreka dengan terpaksa menjawab kekerasan lebih keras lagi,,saya orang medan lama meranto di kalimantan namun saya tak pernah di usik atau di ganggu suku Dayak karena niat saya memang baik hanya mengais sedikit Rezeki di tanah yang makmur dan sejahtra ini.sebagai pendatang seharusnya kita lebih menghargai yg Punya Rumah maka kita akan lebih di hargai mreka,,..Damai Indonesiaku

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. melayu sambas is the best gusur aj tcu madura bikin ricuh aj d mana2 bikin ricuh kena batunya lhooo itu azab bagi suku madura

    BalasHapus
  9. itu org suku M komentar di blog aja ngajak ribut dan sok jagoan, gimana sifat di Real Life nya yah?? ck..ck..ck..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya dimana2 susah diterima. di palembang nggak punya nyali tuh.

      Hapus
  10. kami orang dayak tidak pernah takut pada siapa pun,
    asal kami dalam membela kebenaran dan demi suku kami,
    banyak perantau di kalimantan tapi tidak di bunuh
    karna mereka mengerti dan patuh terhadap orang dayak
    karna mereka sadar kalau mereka hanya pendatang untuk mencari makan bukan untuk memiliki pulau kalimantan.
    MADURA sekarang masih ada di kalimantan
    tapi tidak di bunuh
    karna mereka tidak mengusik kehidupan suku lain,
    orang dayak memang ganas dan lebih ganas dari suku suku lain terutama di indonesia,
    tapi orang dayak juga mempunya hati nurani yang sangat sempurna,
    mereka memberi makan tamu yg sama sekali tidak di kenalnya itu contoh salah satunya.

    BalasHapus
  11. sabar sodara2,,, kita orang indonesia,,, sama2 indonesia, itu memang pelajaran berharga buat kita untuk selalu mengingat "langit yang dijunjung"
    saya selaku pelaku sejarah di sampit merasakan keresahan sodara vinsensius dan memahami pola perilaku pendatang. so,, keep smile yuk biar keadaan aman terkendali tanpa benci yang memuncak..

    BalasHapus
  12. Saya keturunan dayak-banjar.. memang benar kita Indonesia, tp tidak diperkenankan rasis.. sudah tahu indonesia punya sukubangsa heterogen, tolong jgn asal ngomong sdr. ITANG.. cara anda ngomong covernya seperti org berpendidikan tp isinya tidak ada.. peristiwa ini buat pembelajaran, bukan buat ajang balas dendam.. tidak cukupkah sambas dan sampit ?? untuk sdr yg lainnya, jgn terpancing emosi "IDA JADI BEHAS KIA, IMPANGALU TAKULUK BEH" (bhs: dayak bakumpai).. mohon maaf kalau ada salah kata, karna bahasa subsuku dayak banyak.. salam damai, damai itu indah sobat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya anak sumatera cinta dayak dan anti madura temperamental seperti itang. mirip bonek,

      Hapus
  13. Emang dasar madura itu gk manusiwi gk tau diri udah di kasi lapak di kota orang ttp aja onar gk punya sopan santun gk punya malu sok jago

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik manis janganlah suka memfitnah suku orang karena tidak smua orang madura jahat cuma karena segelintir orang, madura 4 kabupaten orang madura jutaan ada di mana mana jkrta, sbya, jember,ponorogo, situbondo, bondowoso, bnyuangi dan masih di tempat lain, kalau berkelahi jangan bawa suku hadapi secara jantan 1 vs 1

      Hapus
    2. Arlina: 1 vs 1 apaan, sewaktu dihadapi udah menghilang ternyata sudah diamankan polisi udah itu dikirim balik ke surabaya, enak benar, udah ngebunuh dilindungi aparat lagi. Karena sudah keseringan begitu makanya Dayak sudah tak sabar melihat orang Madura dilindungi aparat setelah melakukan tindakkan kriminal. Dari pada mengikuti hukum yang tak jelas lebih baik lawan sekali. Madura vs Dayak bukannya itu 1 vs 1 ???

      Hapus
  14. Itu yg namanya itang masih hidup gk sih?

    BalasHapus
  15. Sy melayu Malaysia.. Tapi benci sama madura.. Suka curi dan bikin rusuh.. Memang sama agama.. Tapi tak pernah fikir saudara.. Aku pon nk minum darah madura juga.. Madura dan rohingnya sama jahat.. Patut mati

    BalasHapus
  16. Opo ae ke akean omong koen cok

    BalasHapus
  17. Sang risalah @ sorry bro, jgn sangkutkan ke bonex.... Bonex itu surabaya, dan surabaya itu jawa, bukan madura. Kalo ada rusuh dlm kelakuan Bonex itu karena ditunggangi sm "bonex liar" yaitu preman madura... Apapun yg rusuh dikota surabaya, itu akibat preman madura, bukan Bonex...

    BalasHapus
  18. Hidup itu harus belajar dan harus mempunyai tujuan dimana pun tempat kita hidup..dan tidak boleh lepas dari prinsip dimana bumi di pijak di situ langit di junjung..kerusuhan dan kerusuhan lagi..berarti prinsip hidup tidak di pakai.belajar dari sejarah melayu Yang menyusul saudara suku dayak Yang telah lama dan memang penduduk asli dari pulau kalimantan,dan dapat di pastikan suku melayu sebagai pendatang sudah ratusan tahun hidup berdampingan dengan suku dayak,,bukankah tidak pernah terjadi kerusuhan Yang bersifat sara ? Ini menunjukan melayu mengerti dan tahu cara prinsip hidup dan tujuan hidup di negeri orang dan dapat di katakan sekarang sebagai melayu kalimantan berarti ini bisa di terima oleh penduduk asli suku dayak kalimantan,,bertolak dari itu semua sekarang bergulirnya waktu penduduk madura atau suku madura Yang saya yakin era eksodus atau apalah itu migrasi mungkin tentulah blm lama sy tidak tahu pasti mungkin era tahun 60'an pindah ke pulau kalimantan,,suku madura datang ke kalimantan untuk apa tujuan mereka ?ingatkah mereka sebenarnya mereka hanya untuk mencari kehidupan Yang lebih baik ? Kenapa tidah di sadari dan di hargai itu ..kesadaran tidak hanya sekedar individu ..tapi harus lebih luas lagi dan seperti itang apa atong itu anda salah cara anda cara preman individualis,,Yang begini niih..Yang gak memikirkan keselamatan saudara kerabat atau bahkan suku anda..jaman sekarang caro kau dak kepake lur..

    BalasHapus
  19. yang membunuh ibu dan anak kecil serta menggantung leher manusia dengan alasan apapun adalah lebih kejam dari suku barbar

    BalasHapus
  20. ibu dan anak kecil tidak boleh di bunuh dengan alasan apapun cuma orang pengecut (manusia iblis )yang melakukammya dan jangan merasa bangga dengan kemenangannya karma7 turunan ibu dan anak yang disayangin akan dibunuh oleh manusia iblis yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arlina s... sebaiknya lo nyadar klo omong. saudaramu madura tuh selama dua hari kuasai sampit lebih dlu bunuh anak2 dan wanita bahkan satu keluarga dibakar hidup2 termasuk anak dan ibunya. ras mu yg duluan bawa nama suku, berkeliling kota sampit sambil mengacungkan celurit dan berteriak2’ “jadikan sampit sampang kedua, keluar kau pengecut panglima burung”. apa pantas itu dilakukan sebagai pendatang. makanya omong jgn asal, klo tdk berada langsung di tempat kejadian. mau mengulang kesalahan leluhurmu yg terkubur tanpa kepala?? saudaramu yg iblis dan pengecut

      Hapus
  21. Hukum adat kayau & ritualnya ditetapkan oleh para Tetua Adat (Damung Adat, Mantir Adat, Balian Adat) dengan tiga unsur pertimbangan : 1. Darah telah tumpah di tanah Borneo. 2. Roh leluhur/Roh Kepala Adat Suku Dayak yg sangat dihormati telah dihina & dilecehkan. 3. Pelaku yg menumpahkan darah di tanah Borneo tdk mendapat hukuman yg setimpal ditinjau dari sudut hukum adat dayak.
    Hukum Adat Kayau berlaku bagi siapa saja yg berdiam di tanah Borneo bahkan berlaku utk suku dayak itu sendiri. Ini pernah terjadi di jaman dulu di mana para tetua suku dayak hulu menetapkan hukum adat kayau kepada suku dayak hilir karena suku daya hilir telah melakukan 3 unsur tsb kepada suku dayak hulu. Dalam hukum adat kayau yg di kayau hanya kelompok yg telah melakukan 3 unsur tsb. Tetapi dalam pelaksanaan kayau, sering kali terjadi, org-org yg tdk ikut melakukan ritual adat mengayau yg dipimpin Balian Adat, malah ikut melakukan kayau karena mempunyai dendam terhadap suku/kelompok yg dikenakan hukum adat kayau. Sehingga terjadilah hal-hal yg diluar kendali dari hukum adat kayau tsb.
    Ritual adat sebelum mengayau disebut Nyaru Tariu & dilakukan di Pandagi (tempat yg dianggap keramat) bukan DI SEMBARANG TEMPAT. Org-org yg ikut dalam ritual Nyaru Tariu setelah selesai ritual akan kerasukan & org yg tdk sanggup malah bisa pingsan. Org yg kerasukan setelah ritual ini akan mempunyai sifat sangat sadis & tdk mengenal rasa takut (ini yg disebut oleh dunia sebagi Ghost Warrior atau ada yg menyebutnya Pasus Dayak) apa pun itu namanya. Bahkan dalam kejadian kayau yg dilakukan dayak hulu seperti tsb di atas, tdk cuma memenggal kepala tapi jantung & hati para tetua adat dayak hilir telah dimakan mentah dalam keadaan masih berlumuran darah. Ini tdk akan sanggup dilakukan oleh manusia manapun apabila dalam keadaan sadar.
    Org-org yg telah kerasukan dalam ritual Nyaru Tariu di Pandagi secara fisik dapat dilihat dengan ciri-ciri : Tatapan matanya seperti mayat hidup, berperilaku seperti pembunuh berdarah dingin & pada warna putih bola matanya akan banyak muncul urat yg berwarna merah darah sehingga kalau dari jauh warna putih bola matanya terlihat menjadi merah darah. Itu ciri umum yg banyak diketahui org tapi ada satu hal yg tdk pernah diketahui org & hanya diketahui oleh para Damung Adat Suku Dayak. Hal ini telah menjadi rahasia beberapa generasi Damung Adat Suku Dayak tapi karena begitu banyaknya org-org yg salah mengartikan & mendefinisikan kayau & bahkan mengaku-ngaku pernah menjadi Ghost Warrior hanya utk kesombongan & keangkuhan maka fakta tentang kayau ini harus diungkapkan. Ciri yg menjadi rahasia tsb adalah : org-org yg kerasukan tsb mempunyai ciri khas tersembunyi yaitu di bagian dalam pada kedua kelopak mata bawah terdapat tanda merah dari darah seperti tahi lalat. Hal ini yg membuat mereka bisa melihat utk membedakan mana musuh yg sebenarnya & satu tanda merah darah lagi yaitu bagian dalam bibir atas mereka. Hal ini membuat mereka bisa mencium bau musuh sebenarnya bahkan sanggup memakan jantung&hati musuhnya yang masih berlumuran darah. Apabila tanda itu hilang maka mereka akan kembali normal sadar dari kerasukan. Setiap org berbeda tingkat & lama kerasukannya, apabila ada org yg kerasukannya berlangsung lama maka akan di bawa kembali kepada Balian Adat utk mengakhiri kerasukan tsb.
    Hukum Adat Kayau di jaman ini seharusnya di terjemahkan dalam definisi yg berbeda. Kayau (memenggal KEPALA) seharusnya didefinisikan sebagai cara utk membuat para KEPALA pemerintahan di Negeri ini (Bupati/Walikota, Gubernur dll bahkan Presiden) agar bisa berbuat utk kesejahteraan tanah leluhur. & org yg memenangkan cara tsblah yg harus diagung sebagai THE GHOST WARRIOR atau SANG KESATRIA HANTU.
    Inilah pesan seorg kakek yg pernah menjadi Kepala Adat Suku Dayak & diberi gelar kehormatan adat sebagai DAMUNG TINGANG RUAI JALAYA di pedalaman Sampit yg tahun ini berusia genap 100 tahun, kepada cucunya yg telah menceritakan tentang pendapat org-org tentang kayau.
    SALAM DAMAI SELALU BORNEO

    BalasHapus
  22. Bagus info nya,semoga damai slalu.dripada ribut2,cari berkah ajah ganwww.cariberkah.netsemoga membntu yg terlilit hutang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adat istiadat suku itu memang berbeda

      Hapus
  23. Maaf ya abg2 atau kakak2 klo omongan saya salah

    Kta sma2 orang indonesia , jadi ngapain lh perang secara fisik udah gk jaman skarang udah jaman modrenisasi

    Klo mau perang yg perang kepintaran dala. Hal pendidika. Dan ilmuan ,dan memajukan bangsa indonesia

    Jangan Perang dalam hal fisik , yg harus di perangi itu narkoba dan korupsi
    Membrantas yg tidak benar ,

    BalasHapus
  24. Sip....madura gk tau diri,,,dsar sombong gk mngakui kslahan..tdk mngkin ada asap klw tdk ada api....ayo pulau borneo,,waja sampai ka puting.

    BalasHapus
  25. Orang di mata tuhan itu sma bro g ada yg sempurna

    BalasHapus
  26. arlina: bukan tanpa alasan mereka membunuh ibu dan anak sebab ibu melahirkan anak dan nanti kalau sudah besar anaknya juga diajarkan untuk membenci dan mengusir penduduk asli, diajari bermusuhan dan diajari untuk membenci, diajari untuk melakukan intimidasi dan sebagainya. Seharusnya seorang ibu mengajarkan kepada anaknya untuk tahu diri dan tidak berbuat kejahatan di tanah orang bukan malah menganjurkan. Yang lebih parah adalah kedudukan wanita Madura dimata pria madura adalah rendah dan tidak memiliki hak mengatur. apapun yang dilakukan oleh pria madura tidak boleh disanggah oleh wanitanya sehingga kelakuan iblis kaum pria madura kepada orang Dayak pun wanita madura tak bisa ngomong akibatnya gara-gara pria maduralah seluruh bencana menimpa kalian baik pria maupun wanita, tua muda anak-anak dan bayi semua jadi korbannya. Korban siapa? korban sok jagonya pria Madura. Kumis dipelihara melintang dan mata dipelototin besar-besar supaya orang takut, itu ajaran kalian kepada generasi kalian bukan? Sekarang kau tahu rasa matamu melotot langsung dicungkil, kumismu melintang bibirmu langsung putus. Jadi sopanlah berada di tanah orang jangan sok jagoan. Dari cara berpakaian saja Madura sudah menunjukkan keangkuhannya. Lihat saja baju dalaman bergaris merah putih dengan baju hitam pelapisnya yang sengaja dibuka lebar-lebar supaya dadanya terbuka, mata dipelototin, jalan dikangkang kangkangin dan tangan dilebar-lebarin, kumis dipelihara melintang dengan harapan menakut-nakuti penduduk asli. Jadi dari budaya saja sudah ketahuan bahwa jiwa kalian benar-benar angkuh dan sok jagoan. Kita semua tahu bahwa tidak semua orang madura dalam perspektif individu itu jahat semua, diantaranya pasti ada banyak yang baik, tetapi justeru seharusnya yang baik-baik itu berusaha untuk menyadarkan madura yang sok jago dan keblinger itu supaya tidak menjual ayam jantan di negeri orang. Nanti akibatnya fatal ibu dan anak-anak harus menanggung akibat kesombongannya.

    BalasHapus
  27. Ketika Islam diamalkan dengan pemahaman yg benar (sesua pemahaman Rasululloh dan sahabat nya) maka tidak perlu ada Rampas merampas, dan petantang petenteng, alias Takabbur..

    BalasHapus
  28. Namun Al Quran (kitab suci agama Islam) telah dialih fungsikan, dari Pedoman hidup seorang Muslim, menjadi Jimat, atau isimm.. maka Iblislah yg menjadi penolong bagi mereka.

    BalasHapus