Senin, 06 Desember 2010

Konflik Antar Sukubangsa Melayu dan Dayak Dengan Madura di Kab. Sambas, Kalbar

Kerusuhan Sambas dan Pemicunya
Frustasi sosial yang meluas dan mendalam karena merasa bahwa kehidupan mereka itu didominasi secara curang dan sewenang-wenang dan dengan cara kekerasan oleh orang Madura telah membuat orang Melayu hanya mampu menggerutu dan mengeluh. Tidak seorang pun di antara mereka, sebelum kerusuhan Melayu-Madura itu terjadi, yang berani menantang dominasi tersebut. Mereka hanya ikut bersorak sorai di dalam hati pada waktu terjadi kerusuhan Dayak-Madura di Sanggau Ledo pada tahun 1996-1997, dimana orang-orang Madura yang terbunuh cukup banyak jumlahnya. Kebudayaan dan kesukubangsaan orang Dayak berbeda dari yang dipunyai olehn orang Melayu. Corak kesukubagsaan orang Dayak mirip dengan corak kesukubangsaan yang dipunyai oleh orang Madura. Kebudayaan orang Dayak juga mirip dengan kebudayaan orang Madura. Orang Dayak mampu untuk melawan kekerasan orang Madura dengan kekerasan dan mampu untuk melawan kekejaman dengan kekejaman yang sama atau bahkan lebih kejam dari pada yang telah dilakukan oleh orang-orang Madura.
Menurut keterangan sejumlah tokoh Dayak dan tokoh Madura yang saya jumpai di Singkawang pada tahun 1999, antara tahun 1962-1999 telah terjadi kerusuhan berdarah sebanyak 11 kali. Kerusuhan dengan banyaknya korban yang terbunuh dan harta benda yang hancur yang diderita oleh kedua belah pihak adalah kerusuhan yang terjadi pada tahun 1996-1997 (lihat Suparlan 1998). Pada setiap konflik berdarah antara Dayak-Madura yang telah terjadi selama 11 kali tersebut, konflik selalu dihentikan dengan sebuah upacara perjanjian damai yang diwakili oleh para tokoh dari masing-masing pihak. Tetapi setiap perjanjian perdamaian Dayak-Madura yang telah dibuat sebanyak 11 kali tersebut selalu dilanggar oleh orang Madura yang dengan secara khilaf melukai atau membunuh orang Dayak dalam suatu persengketaan.
Orang Madura yang berani mati bukan hanya karena memang berani mati yang dikarenakan mempunyai prinsip “harga nyawa cuma sebenggol”, tetapi juga karena mereka itu percaya pada do’a dan jimat atau isim yang diberikan oleh para kyai atau guru mereka. Sedangkan orang Dayak memperoleh kekuataan dan keberanian dari roh-roh panglima perang yang menjadi nenek moyang mereka yang dapat dipanggil sewaktu-waktu untuk melindungi dan mempertahankan ketentraman kehidupan mereka. Untuk itu mereka harus melakukan upacara keagamaan yang dinamakan matok untuk memanggil tokoh panglima tersebut, yang dinamakan kamang tariu dimana kata tariu sebenarnya berarti teriakan , yaitu teriakan perang yang menggetarkan seluruh sendi tulang musuh yang mendengarnya, untuk merasuk ke dalam tubuh orang-orang Dayak yang memanggilnya yang merupakan anak-anak cucu dari kamang tariu atau si panglima perang. Dalam upacara tersebut persyaratan utama adalah menyembelih ayam jantan berbulu merah dan anjing berbulu merah untuk orang-orang Dayak Sungkung, Bengkayang, Selamatan, dan Seluas. Sedangkan untuk orang-orang Dayak di Jawai, Tebas, Pemangkat, Paloh dan sekitarnya yang disembelih adalah ayam jantan berbulu hitam dan anjing yang juga berbulu hitam. Darah hewan ini ditampung di sebuah mangkuk, sehingga mangkuk yang semula putih itu menjadi berwarna merah. Mangkuk berwarna merah dengan darah atau dikenal dengan nama ‘mangkuk merah’ inilah tanda bahwa orang Dayak sudah siap untuk berperang. Orang-orang Dayak yang berpartisipasi dalam upacara tersebut melantunkan do’a dan menari-nari dan menjilat darah dalam mangkuk atau menghirup baunya, yang dengan cara itu dipercaya bahwa kamang tariu telah merasuk kedalam tubuh mereka masing-masing. ‘mangkuk merah’ ini kemudian diedarkan kepada orang-orang Dayak lainnya yang tinggal dikomuniti yang bersangkutan maupun yang tinggal di komuniti-komuniti lainnya yang tersebar di kabupaten Sambas. Pengedaran ‘mangkuk merah’ ke komuniti-komuniti Dayak di daerah pedesaan yang luas adalah dimaksudkan bahwa peperangan telah siap untuk dijalankan dan solidaritas Dayak diminta untuk diwujudkan dalam bentuk partisipasi mereka di dalam kancah peperangan. Pada waktu peperangan telah berakhir, seperti yang terjadi antara orang Dayak melawan Madura, maka roh kamang tariu atau panglima perang itu harus dikembalikan ketempat peristirahatannya yang semula. Untuk itu perlu diadakan upacara lagi yang biayanya lebih mahal dari pada upacara memanggil kamang tariu. Menurut keterangan seorang tokoh Dayak yang tinggal di Singkawang upacara pengembalian roh-roh kamang tariu itu harus dilakukan agar para roh tersebut tidak mengganggu kehidupan sehari-hari orang Dayak yang mencintai kehidupan dan kedamaian dengan sesama baik yang terlihat maupun yang tidak dan baik dengan manusia maupun dengan sesama mahluk lainnya.
Berbeda dengan konflik antara orang Dayak dengan orang Madura yang telah terjadi sebanyak 11 kali, maka konflik antara orang Melayu dengan orang Madura hanya terjadi sekali yang berupa konflik berdarah antar dua sukubangsa ini secara besar-besaran dan menyeluruh serta habis-habisan. Kesan saya, dari kerusuhan-kerusuhan yang terjadi, yang sempat saya amati di wilayah Sungai Raya, adalah mengamuknya tokoh seperti Hang Jebat dalam cerita hikayat Hang Tuah. Orang-orang Melayu yang biasanya lemah lembut budi pekerti serta tutur sapanya dan penakut, telah berubah menjadi beringas dalam dalam kelompok-kelompok amuk massa yang tidak dapat dibendung atau dikendalikan lagi dalam upaya untuk menghancurkan orang-orang Madura dengan segala harta bendanya yang ada setempat. Keberingasan orang-orang Melayu, khususnya para remaja dan pemudanya, telah dipicu oleh peristiwa “Parit Setia” dan oleh sejumlah peristiwa yang sama yang berturut-turut terjadi setelah itu.
Pada tanggal 19 Januari 1999, tepat pada hari Raya Idul Fitri, warga masyarakat desa Parit Setia, kecamatan Jawai diserang oleh kira-kira 200an orang Madura dari desa Sarimakmur, kecamatan Tebas yang bertetangga dengan kecamatan Jawai. Tiga orang penduduk desa Parit Setia dibunuh dan sejumlah lainnya luka-luka. Dua orang Polisi yang menghadang orang-orang Madura tersebut dibuat tidak berdaya dan semua senjata mereka dirampas. Peristiwa “Parit Setia” tersebut bermula dari peristiwa yang telah terjadi sebelumnya, yaitu pada tanggal 17 Januari 1999, dimana seorang pencuri asal Madura dari desa Sarimakmur, kecamatan Tebas, tertangkap basah oleh tuan rumah pada waktu sedang mengumpulkan barang-barang di rumah dari penduduk setempat setelah mebongkar pintu rumah tersebut. Pencuri sial tersebut dikeroyok, ditangkap, dan dipukuli sampai babak belur oleh tuan rumah yang kecurian dan oleh para tetangganya. Pada pagi harinya, tanggal 18 Januari 1999, pencuri tersebut diserahkan kepada Pos Polisi setempat. Petugas kepolisian di Pos Polisi membawa si pencuri ke Puskemas untuk diobati luka-lukanya, dan setelah itu disuruh pulang. Alasannya karena Polisi tersebut tidak berani menanggung resiko kalau Pos Polisi diserang dan dihancurkan oleh orang-orang Madura lainnya.
Apa yang menyakitkan hati orang-orang Melayu dari peristiwa penyerangan di desa Parit Setia oleh orang-orang Madura dari desa Sarimakmur adalah teriakan ‘Allah hu Akbar’ berkali-kali yang dikumandangkan oleh para penyerang tersebut. Teriakan ‘Allah hu Akbar’ ini dibarengi dengan teriakan-teriakan ejekan “Melayu Kerupuk” dan “Melayu Kalah 3-0” (artinya orang Melayu di desa Parit Setia meninggal 3 orang dan tidak satupun orang Madura yang meninggal ataupun terluka dalam penyerangan tersebut). Teriakan-teriakan ini terdengar dengan jelas oleh orang-orang Melayu warga desa Parit Setia yang bersembunyi di semak-semak belukar di desa itu dan menyaksikan pawai kemenangan orang-orang Madura yang dengan berkendaraan truk berkeliling desa. Para pemuda Melayu dari desa-desa di kecamatan-kecamatan yang berdekatan dengan kecamatan Jawai menjadi resah dan bersiap-siap untuk menyerang desa Sarimakmur, dan menghancurkan rumah-rumah orang Madura. Berkat hambatan dan cegahan dari orang-orang tua mereka, maka upaya para pemuda dan remaja Melayu itu dapat digagalkan. Pada tanggal 23 Januari 1999 berkat bantuan dari para pejabat di kabupaten Sambas dan tokoh-tokoh Melayu, para tokoh desa masyarakat Parit Setia dan desa Sarimakmur di pertemukan dan diadakan perdamaian. Suasana yang panas telah menjadi reda berkat perjanjian perdamaian tersebut, walaupun orang-orang Melayu masih memendam rasa sakit hati karena tidak sepatah kata ‘minta maaf’ pun yang dilontarkan oleh pihak orang Madura atas kematian dan luka-luka yang diderita oleh warga desa Parit Setia.
Pada tanggal 21 Januari seorang preman Madura yang naik kendaraan umum dari kota Singkawang ke arah kota Sambas tidak mau membayar biaya angkutan pada waktu dia berhenti di dekat desa Semparuk. Merasa sakit hati karena dipelototi oleh kenek dan supir yang orang Melayu, si preman Madura tersebut pulang ke rumah mengambil clurit. Dengan berbekal clurit dia menghadang kendaraan umum tersebut yang kembali ke arah kota Singkawang, menyuruh kendaraan tersebut berhenti dan menclurit si kenek. Pada jam 01.00 tanggal 22 Januari 1999, keesokan harinya, orang-orang Melayu di desa Semparuk yang sebagian besar adalah para pemuda dan remaja menyerang rumah si preman Madura yang bernama Rodi bin Muharap. Tetapi Rodi bin Muharap tidak ditemukan dan sebaliknya seorang pemuda Melayu meninggal dunia karena ditembak dengan menggunakan senjata lantak oleh orang-orang Madura teman Rodi. Peristiwa kematian pemuda Melayu tersebut membakar kemarahan para pemuda dan remaja Melayu yang sudah tidak dapat dikendalikan lagi oleh orang-orang tua mereka. Pada jam 02.00 pagi hari itu juga mereka menyerang dan membakar serta menghancurkan rumah-rumah dan ruko-ruko milik orang Madura yang ada di desa-desa dan pinggiran kota di wilayah kecamatan Tebas, Pemangkat, dan Jawai. Sejumlah orang Madura meninggal dunia dan luka-luka, dan tercatat 60 buah bangunan rumah dan ruko yang dihancurkan. Kegiatan untuk menghancurkan orang-orang Madura dan rumah-rumah serta harta benda mereka berlangsung terus sampai tanggal 27 Februari 1999.
Pada tanggal 27 Februari 1999 penyerangan orang-orang Melayu terhadap orang-orang Madura dihentikan atas perintah orang tua dan tokoh-tokoh Melayu di Sambas, karena pada hari itu ditanda tangani perjanjian perdamaian orang Melayu-orang Madura oleh para tokoh dari kedua belah pihak dengan disaksikan oleh pimpinan dan para pejabat kabupaten Sambas. Tokoh-tokoh dari kedua belah pihak juga sepakat untuk masing-masing secara individual tidak membawa senjata tajam di tempat-tempat umum. Tetapi perjanjian tersebut dilanggar oleh seorang Madura asal desa Sempadung yang pada tanggal 14 Maret 1999 menikam seorang pemuda Melayu yang menegurnya karena membawa parang secara terbuka di jalan umum. Hari itu juga orang-orang Melayu mengambil tekad tidak akan lagi berdamai dengan orang-orang Madura. Sejak saat itu juga perang antara para pemuda Melayu dengan orang-orang Madura berlangsung di desa-desa dan di kota-kota dalam wilayah kabupaten Sambas. Kalau sebelum peristiwa ini orang-orang Madura yang menyerang orang-orang Melayu yang ketakutan, maka keadaannya sekarang menjadi terbalik. Kampung-kampung orang Madura di kota Singkawang dan di desa-desa yang tercakup dalam tiga kecamatan di bagian selatan dari kota Singkawang secara relatif masih aman karena belum diserang habis-habisan oleh orang-orang Melayu sampai dengan minggu ke-empat bulan April 1999. sedangkan di wilayah timur dan utara di kabupaten Sambas keadaannya dapat dikatakan sudah tidak ada lagi orang Madura dan rumah serta harta milik mereka yang utuh. Orang-orang Madura tersebut dengan cepat diungsikan dengan pengawalan ketat oleh para petugas keamanan untuk menghindari jumlah korban yang lebih besar daripada yang sudah ada.
Kerusuhan berdarah antara orang Melayu dengan orang Dayak nampaknya tidak cukup bagi orang Madura. Karena mereka itu masih mencari musuh lainnya, yaitu orang Dayak yang telah menjadi musuh bebuyutan mereka. Pada tanggal 16 Maret 1999, pukul 15.00 waktu setempat, di dusun Parakan Tanjung (yang merupakan dusun yang komunitinya secara homogen terdiri atas orang-orang Madura), dari desa Harapan, kecamatan Pemangkat, sekelompok orang Madura mencegat sebuah kendaraan umum yang melintas di jalan raya di tepi dusun tersebut. Kendaraan umum tersebut dalam perjalanan mengangkut buruh dan pekerja dari daerah kecamatan kota Sambas ke arah kota Singkawang. Dalam kendaraan umum tersebut terdapat dua orang Melayu, tiga orang Jawa dan 26 orang Dayak. Kesemua penumpang dapat melarikan diri dan bersembunyi di semak dan belukar di tepi hutan dan kemudian diselamatkan oleh orang-orang Melayu di desa Melayu yang berdekatan, kecuali satu orang Dayak yang dapat ditangkap oleh orang-orang Madura dan dibunuh di tempat itu juga. Orang Dayak yang dibunuh oleh orang Madura tersebut, Martinus amat bin Paran, adalah warga desa Selawit, kecamatan Salamantan, yang terletak di sebelah timur kota Singkawang.
Kematian Martinus telah menyebabkan keluarga dan orang-orang Dayak melakukan upacara matok dan mengedarkan ‘mangkuk merah’ kekomuniti-komuniti Dayak lainnya di kabupaten Sambas. Penyerangan terhadap orang-orang Madura sekarang ini tidak lagi hanya dilakukan oleh orang-orang Melayu tetapi juga oleh orang-orang Dayak dengan cara-cara seperti pada waktu masih berlakunya pengayauan, dengan cara-cara pemenggalan kepala dan mutilasi tubuh serta kanibalisme. Situasi masyarakat kabupaten Sambas betul-betul rusuh. Petugas keamanan dari Polri dan Brimob serta PHH (pasukan Anti Huru Hara dari ABRI) tidak mampu untuk mengatasi kerusuhan dan pembunuhan serta pembakaran dan penghancuran rumah-rumah orang Madura. Orang-orang Madura di timur kota Singkawang, yaitu di daerah Bengkayang dan sekitarnya, habis dibunuh oleh orang-orang Dayak atau lari mengungsi ketempat-tempat penampungan pengungsian dan berada dibawah perlindungan petugas keamanan. Setiap hari pada waktu itu selalu terdengar berita dibunuh atau dilukainya orang-orang Madura serta pembakaran rumah dan harta benda mereka. Korban yang terbunuh dan luka-luka bukannya hanya orang Madura tetapi juga orang-orang Melayu dan Dayak walaupun jumlahnya relatif sedikit. Jumlah pengungsi Madura yang tercatat di tempat-tempat penampungan pengungsi di Pontianak dan di kota Singkawang ada 37.000 orang. Orang-orang Melayu dan Dayak di kabupaten Singkawang telah bertekad untuk menghancurkan atau mengusir orang Madura dan berbagai atributnya dari wilayah kabupaten Sambas. Cara-cara yang mereka lakukan adalah dengan kekerasan, karena menurut mereka orang Madura hanya mengerti bahasa kekerasan. Karena situasinya yang rusuh ini, Kapolda Kalimantan Barat pada bulan April 1999 mengeluarkan perintah tembak di tempat bagi para perusuh dan menangkap siapa saja yang kedapatan membawa senjata tajam di tempat-tempat umum.

133 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini kami orang DAYAK tidak pernah takut dengan orang MADURA,
      jika berani
      silahkan serang pulau kalimantan
      kami selalu siap.
      MADURA hanyalah suku pendatang di kalimantan
      ingat itu,
      mereka datang hanya untuk menjadi kuli.

      Hapus
    2. sumatera/melayu pro dayak

      Hapus
    3. itang, kami tantang bikin rusuh di salah satu kota sumatera. bagaimana kalau di palembang? ah mustahil madura punya nyali di kota ini.

      Hapus
    4. Haha itang.jangan ngimpi deh.serang aja.ntar ente yg kocar kacir.kmi menghormati suku lain jika ia berbuat baik dan tidak merusuh di wilayah kami.camkan itu!

      Hapus
    5. anda kan tidak tahu persoalannya. orang Madura selalu memulai perkara. di Parit Setia seharusnya pencuri (Madura) tersebut jangan main lapor kalau dirinya dipukuli org kampung Melayu, melainkan katakan juga sebab sebabnya dia dipukuli. Dia tidak mengakui dirinya mencuri bukan? nah itulah persoalannya orang madura. Salah tapi ngotot. Sekali dilawan keok.

      Hapus
    6. kesenjangan sosial? Bukannya yang Madura yang mencuri di kampungnya org Melayu? nah yang senjang siapa? Orang Melayu, Dayak atau orang Madura sendiri? kenapa mencuri? apanya yang harus dicemburui dari seorang pencuri? Jangan ngawur ucapan anda bung.

      Hapus
    7. Anto @ saudra orang baik, berpendidikan tak spantasnya qm bawa-bawa tanah kelahirkan kita dlm konflik kita sma kutrunan jawa-madurao seharsnya qm diam karna diam itu selamat dan dmai itu indah bro> yg penting kita perihara diri kita keluarga kita dari api neraga. tdk usah mengikuti orang dayak dan madura kepulauan mereka sama2 dewasa sm2 punya hati dan niat yg baik mski segelintir dri mrka jahat, penodong,begal pembunuh, orang sinis, busuk hati, krna mrka memang sudah takdir jadi tugas kita adalah menyadarkan mrka karna mrka saudara-saudara kita patut kita tolong meski brbda darah, suku dan ras. mereka tetap saudara kita kasihan pada mereka hanya di adu domba oleh seseorang yg ingin menjtuhkan moral Keperibadian kita sebagai warga indonesia
      kita sebagai orang yang dewasa kita didik adik-adik kita jgn lihat dari sukunya atau rasnya selama merka berada disamping kita wajib bagi kita mendidiknya. Jika mereka Muslim kita ajari merka tentang beriman, beribadah, berakhlak, jika merka non muslim kita ajarkan tauhid pada merka agar mrka sama2 selmat dunia dan akhirat jika mereka menolaknya jganlah memaksanya mungkin mrka belum mempunyai Hidayah.
      Kepada Bang west @ jika ada saudra-saudara kami tidak baik di kalimantan mohon dimaafkan baik itu orang kalimantan maupun perantau dari pulau jawa, sumatera, sulawasi dan lainya yg tdk sy bs sbutkan satu persatu. krna sebagian dri merka orang miskin yg mnyambung hidup bersama di pulau yg indah dan damai
      Kepada AUDEN @ mari lah kita didik adik2 kita dengan nilai pendidikan agama ajarkan mereka tentang nilai kebaikan dan etos sosial yg tinggi sehingga adik-adik kita kelak mmpunyai jiwa kebnersamaan dan moral yang reliqius serta cinta tanah air INDONESIA.
      kepada audien jika tutur kata saya tidak pada tempatnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
      SALAM SATU BANGSA INDONSEIA

      Hapus
    8. Benr bngt kmu awie,,sya sku mlayu,,gk mbruh dndm ama org mdura,,,dami itu lbh baik,,,,wlupn kita brbeda suku,,,kita tetap satu,,,

      Hapus
    9. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



















      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل












      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Hapus
    10. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. ITANG EVRIANTO yang TERHORMAT. saya salut anda berani mengutarakan suku asli Kalimantan sebagai suku Barbar. namun tolong jelaskan sejelas-jelasnya APA ITU BAR-BAR/ bar bar? dan bandingkan dengan suku asli Kalimantan? tolong pelajari lagi dengan benar dan jangan setengah-setengah tentang suku asli di Kalimantan. apakah benar dan terbukti seperti yang anda tuduhkan. pelajari ETNISITAS, Pelajari Teori Kemajemukan dan jangan asal cap!! Hati-hati berkomentar atas blog seseorang jika tidak pernah mengalami langsung konflik seperti dalam blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  3. jancrot lo itang,ngomong doang bisanya. Lu sok tau aja, suku lo tuh bar bar. Ampas klo ga tw apa" ga usah asal ngomong. Lu orang madura kn? MADURA ANJING

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bnrrr tu,,,ak org mlayu,,mlht org mdura tu,,,ud muak

      Hapus
    2. Kalo orang jogja gimana mbak.. Mas..

      Hapus
    3. Jogja istimewa pak saya mahasiswa di jogja, jogja luar biasa orangnya sangat baik dan ramah, sama seperti orang dayak indonesia mempunyai banyak keberagaman yg sangat berbeda sudah sepatutnya kita menjaga perdamaian itu

      Hapus
    4. Jogja istimewa pak saya mahasiswa di jogja, jogja luar biasa orangnya sangat baik dan ramah, sama seperti orang dayak indonesia mempunyai banyak keberagaman yg sangat berbeda sudah sepatutnya kita menjaga perdamaian itu

      Hapus
  4. Thank you gan atas infonya,,, :)



    Salam dari Lionel Mathius

    BalasHapus
  5. suku Dayak suku yang ramah,lemah lembut dan sosial nya tinggi dan mau berbagi namun dibalik keramahannya ada jiwa ksatria yg tertanam dalam jiwa suku dayak,,sebenarnya suku dayak tidak ingin hal ini terjadi namun karena ketidak adilan dari aparat dan kesemena-menaan suku M maka mreka dengan terpaksa menjawab kekerasan lebih keras lagi,,saya orang medan lama meranto di kalimantan namun saya tak pernah di usik atau di ganggu suku Dayak karena niat saya memang baik hanya mengais sedikit Rezeki di tanah yang makmur dan sejahtra ini.sebagai pendatang seharusnya kita lebih menghargai yg Punya Rumah maka kita akan lebih di hargai mreka,,..Damai Indonesiaku

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. melayu sambas is the best gusur aj tcu madura bikin ricuh aj d mana2 bikin ricuh kena batunya lhooo itu azab bagi suku madura

    BalasHapus
  8. itu org suku M komentar di blog aja ngajak ribut dan sok jagoan, gimana sifat di Real Life nya yah?? ck..ck..ck..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya dimana2 susah diterima. di palembang nggak punya nyali tuh.

      Hapus
    2. Nggak punya nyali, karena di Palembang jumlah suku Madura sedikit sekali Bang.

      Hapus
  9. kami orang dayak tidak pernah takut pada siapa pun,
    asal kami dalam membela kebenaran dan demi suku kami,
    banyak perantau di kalimantan tapi tidak di bunuh
    karna mereka mengerti dan patuh terhadap orang dayak
    karna mereka sadar kalau mereka hanya pendatang untuk mencari makan bukan untuk memiliki pulau kalimantan.
    MADURA sekarang masih ada di kalimantan
    tapi tidak di bunuh
    karna mereka tidak mengusik kehidupan suku lain,
    orang dayak memang ganas dan lebih ganas dari suku suku lain terutama di indonesia,
    tapi orang dayak juga mempunya hati nurani yang sangat sempurna,
    mereka memberi makan tamu yg sama sekali tidak di kenalnya itu contoh salah satunya.

    BalasHapus
  10. sabar sodara2,,, kita orang indonesia,,, sama2 indonesia, itu memang pelajaran berharga buat kita untuk selalu mengingat "langit yang dijunjung"
    saya selaku pelaku sejarah di sampit merasakan keresahan sodara vinsensius dan memahami pola perilaku pendatang. so,, keep smile yuk biar keadaan aman terkendali tanpa benci yang memuncak..

    BalasHapus
  11. Saya keturunan dayak-banjar.. memang benar kita Indonesia, tp tidak diperkenankan rasis.. sudah tahu indonesia punya sukubangsa heterogen, tolong jgn asal ngomong sdr. ITANG.. cara anda ngomong covernya seperti org berpendidikan tp isinya tidak ada.. peristiwa ini buat pembelajaran, bukan buat ajang balas dendam.. tidak cukupkah sambas dan sampit ?? untuk sdr yg lainnya, jgn terpancing emosi "IDA JADI BEHAS KIA, IMPANGALU TAKULUK BEH" (bhs: dayak bakumpai).. mohon maaf kalau ada salah kata, karna bahasa subsuku dayak banyak.. salam damai, damai itu indah sobat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya anak sumatera cinta dayak dan anti madura temperamental seperti itang. mirip bonek,

      Hapus
    2. Kami dari jawa barT asli jawa pernah ikut perang melindungi warga madura disampit .
      Kami dan guru kami atau kiya sakti jawa mengetahui kelemahan orang dayak yang mampu menghendus orang madura seperti sapi .
      Banyak orang jawa menyusup dan ikut berperang .
      Dan memasang pagar gaib di kawasan konflik agar orang dayak tak bisa masuk ke pemukiman warga madura .
      Ini cerita belum habis sampai perdamain .

      Hapus
    3. Kami sudah hafal kemampuan sihir orang dayak

      Hapus
  12. Emang dasar madura itu gk manusiwi gk tau diri udah di kasi lapak di kota orang ttp aja onar gk punya sopan santun gk punya malu sok jago

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik manis janganlah suka memfitnah suku orang karena tidak smua orang madura jahat cuma karena segelintir orang, madura 4 kabupaten orang madura jutaan ada di mana mana jkrta, sbya, jember,ponorogo, situbondo, bondowoso, bnyuangi dan masih di tempat lain, kalau berkelahi jangan bawa suku hadapi secara jantan 1 vs 1

      Hapus
    2. Arlina: 1 vs 1 apaan, sewaktu dihadapi udah menghilang ternyata sudah diamankan polisi udah itu dikirim balik ke surabaya, enak benar, udah ngebunuh dilindungi aparat lagi. Karena sudah keseringan begitu makanya Dayak sudah tak sabar melihat orang Madura dilindungi aparat setelah melakukan tindakkan kriminal. Dari pada mengikuti hukum yang tak jelas lebih baik lawan sekali. Madura vs Dayak bukannya itu 1 vs 1 ???

      Hapus
    3. Orang dayak sihirnya itu itu aja

      Hapus
  13. Itu yg namanya itang masih hidup gk sih?

    BalasHapus
  14. Sy melayu Malaysia.. Tapi benci sama madura.. Suka curi dan bikin rusuh.. Memang sama agama.. Tapi tak pernah fikir saudara.. Aku pon nk minum darah madura juga.. Madura dan rohingnya sama jahat.. Patut mati

    BalasHapus
  15. Opo ae ke akean omong koen cok

    BalasHapus
  16. Sang risalah @ sorry bro, jgn sangkutkan ke bonex.... Bonex itu surabaya, dan surabaya itu jawa, bukan madura. Kalo ada rusuh dlm kelakuan Bonex itu karena ditunggangi sm "bonex liar" yaitu preman madura... Apapun yg rusuh dikota surabaya, itu akibat preman madura, bukan Bonex...

    BalasHapus
  17. Hidup itu harus belajar dan harus mempunyai tujuan dimana pun tempat kita hidup..dan tidak boleh lepas dari prinsip dimana bumi di pijak di situ langit di junjung..kerusuhan dan kerusuhan lagi..berarti prinsip hidup tidak di pakai.belajar dari sejarah melayu Yang menyusul saudara suku dayak Yang telah lama dan memang penduduk asli dari pulau kalimantan,dan dapat di pastikan suku melayu sebagai pendatang sudah ratusan tahun hidup berdampingan dengan suku dayak,,bukankah tidak pernah terjadi kerusuhan Yang bersifat sara ? Ini menunjukan melayu mengerti dan tahu cara prinsip hidup dan tujuan hidup di negeri orang dan dapat di katakan sekarang sebagai melayu kalimantan berarti ini bisa di terima oleh penduduk asli suku dayak kalimantan,,bertolak dari itu semua sekarang bergulirnya waktu penduduk madura atau suku madura Yang saya yakin era eksodus atau apalah itu migrasi mungkin tentulah blm lama sy tidak tahu pasti mungkin era tahun 60'an pindah ke pulau kalimantan,,suku madura datang ke kalimantan untuk apa tujuan mereka ?ingatkah mereka sebenarnya mereka hanya untuk mencari kehidupan Yang lebih baik ? Kenapa tidah di sadari dan di hargai itu ..kesadaran tidak hanya sekedar individu ..tapi harus lebih luas lagi dan seperti itang apa atong itu anda salah cara anda cara preman individualis,,Yang begini niih..Yang gak memikirkan keselamatan saudara kerabat atau bahkan suku anda..jaman sekarang caro kau dak kepake lur..

    BalasHapus
  18. yang membunuh ibu dan anak kecil serta menggantung leher manusia dengan alasan apapun adalah lebih kejam dari suku barbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suku bar bar itu jauh lebih kejam ngak sebrapa... Di irak lebih dari 1 juta kaum muslimin tewas karna di komporin syiah darah kaum muslimin mengalir sampai sampai darah semata kaki

      Hapus
  19. ibu dan anak kecil tidak boleh di bunuh dengan alasan apapun cuma orang pengecut (manusia iblis )yang melakukammya dan jangan merasa bangga dengan kemenangannya karma7 turunan ibu dan anak yang disayangin akan dibunuh oleh manusia iblis yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arlina s... sebaiknya lo nyadar klo omong. saudaramu madura tuh selama dua hari kuasai sampit lebih dlu bunuh anak2 dan wanita bahkan satu keluarga dibakar hidup2 termasuk anak dan ibunya. ras mu yg duluan bawa nama suku, berkeliling kota sampit sambil mengacungkan celurit dan berteriak2’ “jadikan sampit sampang kedua, keluar kau pengecut panglima burung”. apa pantas itu dilakukan sebagai pendatang. makanya omong jgn asal, klo tdk berada langsung di tempat kejadian. mau mengulang kesalahan leluhurmu yg terkubur tanpa kepala?? saudaramu yg iblis dan pengecut

      Hapus
    2. Oh...... Refrensi baru.. Trmks trmksh

      Hapus
    3. Oh...... Refrensi baru.. Trmks trmksh

      Hapus
  20. Hukum adat kayau & ritualnya ditetapkan oleh para Tetua Adat (Damung Adat, Mantir Adat, Balian Adat) dengan tiga unsur pertimbangan : 1. Darah telah tumpah di tanah Borneo. 2. Roh leluhur/Roh Kepala Adat Suku Dayak yg sangat dihormati telah dihina & dilecehkan. 3. Pelaku yg menumpahkan darah di tanah Borneo tdk mendapat hukuman yg setimpal ditinjau dari sudut hukum adat dayak.
    Hukum Adat Kayau berlaku bagi siapa saja yg berdiam di tanah Borneo bahkan berlaku utk suku dayak itu sendiri. Ini pernah terjadi di jaman dulu di mana para tetua suku dayak hulu menetapkan hukum adat kayau kepada suku dayak hilir karena suku daya hilir telah melakukan 3 unsur tsb kepada suku dayak hulu. Dalam hukum adat kayau yg di kayau hanya kelompok yg telah melakukan 3 unsur tsb. Tetapi dalam pelaksanaan kayau, sering kali terjadi, org-org yg tdk ikut melakukan ritual adat mengayau yg dipimpin Balian Adat, malah ikut melakukan kayau karena mempunyai dendam terhadap suku/kelompok yg dikenakan hukum adat kayau. Sehingga terjadilah hal-hal yg diluar kendali dari hukum adat kayau tsb.
    Ritual adat sebelum mengayau disebut Nyaru Tariu & dilakukan di Pandagi (tempat yg dianggap keramat) bukan DI SEMBARANG TEMPAT. Org-org yg ikut dalam ritual Nyaru Tariu setelah selesai ritual akan kerasukan & org yg tdk sanggup malah bisa pingsan. Org yg kerasukan setelah ritual ini akan mempunyai sifat sangat sadis & tdk mengenal rasa takut (ini yg disebut oleh dunia sebagi Ghost Warrior atau ada yg menyebutnya Pasus Dayak) apa pun itu namanya. Bahkan dalam kejadian kayau yg dilakukan dayak hulu seperti tsb di atas, tdk cuma memenggal kepala tapi jantung & hati para tetua adat dayak hilir telah dimakan mentah dalam keadaan masih berlumuran darah. Ini tdk akan sanggup dilakukan oleh manusia manapun apabila dalam keadaan sadar.
    Org-org yg telah kerasukan dalam ritual Nyaru Tariu di Pandagi secara fisik dapat dilihat dengan ciri-ciri : Tatapan matanya seperti mayat hidup, berperilaku seperti pembunuh berdarah dingin & pada warna putih bola matanya akan banyak muncul urat yg berwarna merah darah sehingga kalau dari jauh warna putih bola matanya terlihat menjadi merah darah. Itu ciri umum yg banyak diketahui org tapi ada satu hal yg tdk pernah diketahui org & hanya diketahui oleh para Damung Adat Suku Dayak. Hal ini telah menjadi rahasia beberapa generasi Damung Adat Suku Dayak tapi karena begitu banyaknya org-org yg salah mengartikan & mendefinisikan kayau & bahkan mengaku-ngaku pernah menjadi Ghost Warrior hanya utk kesombongan & keangkuhan maka fakta tentang kayau ini harus diungkapkan. Ciri yg menjadi rahasia tsb adalah : org-org yg kerasukan tsb mempunyai ciri khas tersembunyi yaitu di bagian dalam pada kedua kelopak mata bawah terdapat tanda merah dari darah seperti tahi lalat. Hal ini yg membuat mereka bisa melihat utk membedakan mana musuh yg sebenarnya & satu tanda merah darah lagi yaitu bagian dalam bibir atas mereka. Hal ini membuat mereka bisa mencium bau musuh sebenarnya bahkan sanggup memakan jantung&hati musuhnya yang masih berlumuran darah. Apabila tanda itu hilang maka mereka akan kembali normal sadar dari kerasukan. Setiap org berbeda tingkat & lama kerasukannya, apabila ada org yg kerasukannya berlangsung lama maka akan di bawa kembali kepada Balian Adat utk mengakhiri kerasukan tsb.
    Hukum Adat Kayau di jaman ini seharusnya di terjemahkan dalam definisi yg berbeda. Kayau (memenggal KEPALA) seharusnya didefinisikan sebagai cara utk membuat para KEPALA pemerintahan di Negeri ini (Bupati/Walikota, Gubernur dll bahkan Presiden) agar bisa berbuat utk kesejahteraan tanah leluhur. & org yg memenangkan cara tsblah yg harus diagung sebagai THE GHOST WARRIOR atau SANG KESATRIA HANTU.
    Inilah pesan seorg kakek yg pernah menjadi Kepala Adat Suku Dayak & diberi gelar kehormatan adat sebagai DAMUNG TINGANG RUAI JALAYA di pedalaman Sampit yg tahun ini berusia genap 100 tahun, kepada cucunya yg telah menceritakan tentang pendapat org-org tentang kayau.
    SALAM DAMAI SELALU BORNEO

    BalasHapus
  21. Bagus info nya,semoga damai slalu.dripada ribut2,cari berkah ajah ganwww.cariberkah.netsemoga membntu yg terlilit hutang.

    BalasHapus
  22. Maaf ya abg2 atau kakak2 klo omongan saya salah

    Kta sma2 orang indonesia , jadi ngapain lh perang secara fisik udah gk jaman skarang udah jaman modrenisasi

    Klo mau perang yg perang kepintaran dala. Hal pendidika. Dan ilmuan ,dan memajukan bangsa indonesia

    Jangan Perang dalam hal fisik , yg harus di perangi itu narkoba dan korupsi
    Membrantas yg tidak benar ,

    BalasHapus
  23. Sip....madura gk tau diri,,,dsar sombong gk mngakui kslahan..tdk mngkin ada asap klw tdk ada api....ayo pulau borneo,,waja sampai ka puting.

    BalasHapus
  24. Orang di mata tuhan itu sma bro g ada yg sempurna

    BalasHapus
  25. arlina: bukan tanpa alasan mereka membunuh ibu dan anak sebab ibu melahirkan anak dan nanti kalau sudah besar anaknya juga diajarkan untuk membenci dan mengusir penduduk asli, diajari bermusuhan dan diajari untuk membenci, diajari untuk melakukan intimidasi dan sebagainya. Seharusnya seorang ibu mengajarkan kepada anaknya untuk tahu diri dan tidak berbuat kejahatan di tanah orang bukan malah menganjurkan. Yang lebih parah adalah kedudukan wanita Madura dimata pria madura adalah rendah dan tidak memiliki hak mengatur. apapun yang dilakukan oleh pria madura tidak boleh disanggah oleh wanitanya sehingga kelakuan iblis kaum pria madura kepada orang Dayak pun wanita madura tak bisa ngomong akibatnya gara-gara pria maduralah seluruh bencana menimpa kalian baik pria maupun wanita, tua muda anak-anak dan bayi semua jadi korbannya. Korban siapa? korban sok jagonya pria Madura. Kumis dipelihara melintang dan mata dipelototin besar-besar supaya orang takut, itu ajaran kalian kepada generasi kalian bukan? Sekarang kau tahu rasa matamu melotot langsung dicungkil, kumismu melintang bibirmu langsung putus. Jadi sopanlah berada di tanah orang jangan sok jagoan. Dari cara berpakaian saja Madura sudah menunjukkan keangkuhannya. Lihat saja baju dalaman bergaris merah putih dengan baju hitam pelapisnya yang sengaja dibuka lebar-lebar supaya dadanya terbuka, mata dipelototin, jalan dikangkang kangkangin dan tangan dilebar-lebarin, kumis dipelihara melintang dengan harapan menakut-nakuti penduduk asli. Jadi dari budaya saja sudah ketahuan bahwa jiwa kalian benar-benar angkuh dan sok jagoan. Kita semua tahu bahwa tidak semua orang madura dalam perspektif individu itu jahat semua, diantaranya pasti ada banyak yang baik, tetapi justeru seharusnya yang baik-baik itu berusaha untuk menyadarkan madura yang sok jago dan keblinger itu supaya tidak menjual ayam jantan di negeri orang. Nanti akibatnya fatal ibu dan anak-anak harus menanggung akibat kesombongannya.

    BalasHapus
  26. Ketika Islam diamalkan dengan pemahaman yg benar (sesua pemahaman Rasululloh dan sahabat nya) maka tidak perlu ada Rampas merampas, dan petantang petenteng, alias Takabbur..

    BalasHapus
  27. Namun Al Quran (kitab suci agama Islam) telah dialih fungsikan, dari Pedoman hidup seorang Muslim, menjadi Jimat, atau isimm.. maka Iblislah yg menjadi penolong bagi mereka.

    BalasHapus
  28. sya orng asli jawa tengah tpi bulan mdura.. :) Madura ith sdah bukan jawa lgi krna mreka sdah brbeda adat,sifat,Aqhlak dn kata tutur.. slagi benar knpa hrus tkut..? Tpi tkut lah tuk brbuat salah.. jika para pndtang tak mnghormati pnduduk asli sdah psti da kributan.. tpi jika pndtang mnghorrmati sdah pasti dya pnduduk asli jga mnghormati'y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas/mbak. maksud bukan jawa lg itu gimana? dulunya jawa trs berubah adat, sifat, akhlak, kata tutur, spt skrg shg jd bukan jawa lagi? atau dari dulu memang sama sekali bukan jawa? mas punya teman org madura kah? madura negeri atau swasta? maksudnya dr pulau madura atau dr kota2 tapal kuda jatim (pasuruan, probolinggo, situbondo, bondowoso, jember dll)? kl madura negeri, dr bangkalan/sampang atau dr pamekasan/sumenep? tolong pelajari lagi sebelum anda menilai sesuatu. jgn menjelekkan suatu suku padahal itu adlh saudara anda sendiri. untuk semua saudara2 d forum ini, mari kita belajar sejarah lg, siapa sebenarnya kita ini. siapa sebenarnya suku jawa, melayu, madura, dayak, bugis dll. itu. siapa sebenarnya bangsa nuswantara ini??? seandainya kita semua tahu siapa sebenarnya "awak dewe", kejadian2 yg kemarin tidak akan pernah terulang...

      Hapus
    2. Perhatiin muka madura....

      Mirip sekali sama orang orang indiahe...

      Hapus
    3. Kalo otaknya waras hatinya bener bukan bangsat bukan bajingan...si pendatang wajib ramah sopan santun

      Yang semampunya per orang adalah.

      memberikan jasa syukur kalo ada sisa duit atau apa bagi bagiin sama orang2 asli sana... jangan malah seperti anji.......

      Hapus
  29. Saya kenal orang Dayak,mereka baik sekali ,mereka menyerang org Madura karena org Madura menyerang Dayak duluan. Jika berani Madura datang ke Kalimantan pasti habis karena org Dayak punya pangeran burung dari segala penjuru ya kesaktiannya tinggi.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Cinta damai aja,,kalo madura berulah lagi dan ingin merampas tanah orang lain penggal aja,,setiap daerah pasti menerima suku lain yg datang ingin mencari rejeki/kehidupan lbh baik di tanah mereka tapi jgn menginjak injak suku aslinya,itu nmnya cari mati,itang itu bungul,klo semua madura di jawa sana ato dmnpun nyerang ke kalimantan,ya punah lah madura,,kaltim,kalbar,kalsel,kalteng,kalut,banjar,kutai,dayak km kira diam aja,suku dayak yg ikut perang di sampit itu hanya sedikit,madura yg awalnya memulai sok jagoan nya banyak tp jd kabur nya banyak,mati nya lbh banyak,intinya untuk orang madura hormati lah suku orang lain apalagi anda mencari rejeki di tanah mereka,mereka mengalah bukan brarti takut,anda tdk mau kan jauh2 merantau hanya untuk kehilangan kepala karena ambisi anda untuk berkuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngak om..... Piss..... saya orang jawa tengah...


      I love dayak!!!

      Hapus
    2. Saya ngak om..... Piss..... saya orang jawa tengah...


      I love dayak!!!

      Hapus
  32. sungguh bila berbuat pasti menuai hasilnya.

    sungguh Rasulullah Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam adalah suri tauladan yg harus di ikuti.

    semoga Allah mengampuni dosa2 kaum muslimin yg jahil agamanya, yg jauh dari ajaran ahlussunnah wal jama'ah.
    sebab mereka
    1. tdk pandai menghormati tetangga
    2. melakukan syirik dgn jimat dan mantra
    3. membunuh jiwa2 lain yg terikat dlm perjanjian,yg bisa jadi ada orang muslim juga didalamnya.
    4. tdk arif dlm bertamu (dima bumi bapijak disinan langit dijunjung / dimana kita tinggal maka hormati adat istiadat orang lain)
    5. angkuh, sombong dan takabbur (semua sifat yg tercela dalam islam)

    kepada saudaraku semuslim dari etnis manapun, sungguh nyawa seorang muslim itu lebih berharga dari isinya. namun sehendaknyalah kita sebagai muslim menutup celap peperangan dgn bangsa manapun yg kafir, bila mereka tdk menunjukkan api peperangan terlebih dahulu.
    perang dan jihad ada hukum2 nya dalam islam antara lain
    islam melarang ketika berperang membunuh anak2, wanita, orang2 jompo, membunuh hewan ternak.
    islam melarang membakar bangunan
    islam melarang orang yg ketika hendak dibunuh mengucapkan laa ilaha illallah (walau musuh ini ingin selamat dari pembunuhan, sbb dzahirnya terlihat ingin bertaubat)
    islam tdk berperang kecuali telah ada perintah dari waliyul 'amr yaitu ulama dan pemimpin negara

    Allahu a'lam

    sungguh islam agama rahmatan lil 'alamin
    dan hanya oknum2 yg mengaku islam dan tdk belajar dgn benar yg akan meruntuhkan agama islam.


    baarakallahu fiikum

    BalasHapus
  33. indonesia yg mayoritas islam tapi dlm kehidupan sehari-harinya masih banyak yg jauh dari nilai islam (sunnah2 ajaran Raaulullah)

    dpt dilihat dari
    1. beribadah masoh pamer sbgai contoh pulang dari haji kudu dipasang atrobut haji didpn namanya, kalau dzikir kudu di speaker padahal yg kudu dspeaker cuma adzan di lantunlan untuk mengajak orang shalat jama'ah adapun dzikir ga ada di kitab hadits manapun yg dzikir ini dilakukan bisa mengganggu orang lain.
    2. banyaknya hari ied (hari raya)
    padahal Rasulullah cuma menetapkan cuma ada dua hari raya yaitu iedul fitri dan iedul adha. umat sekarang menambah adanya ied muharram, ied asy syuro, ied milad, ied isra' mi'raj yg bila kita lihat fenomena ini akibat pergaulan dgn orang2 kuffar dan mengambil budaya nya sehingga ajaran islam pun tergeruh dan menjadi tasyabbuh thd mereka
    3. bila ada perbedaan tdk mengembalikan kpd ahlinya (ulama) yg berpegang teguh pada Al Qur'an, al hadits dan ijma' ulama salaf (terdahulu)
    sehingga yg dipakai kata kyai, kata guru, kata tuan guru, kata syaikh yg notabene menyelisihi ahlussunnah wal jama'ah (taqliq buta)
    4. ghuluw dlm hal agama dan dunia
    sehingga barometer amalan bukan lg dikembalikan kpd ittiba' ilaa Rasulullah namun melihat kepada fudha'il amal atau keumuman yg dilakukan oleh kyai, guru, tuan guru, tuk guru dll. walau mereka semua menyelisihi sunnah dan tdk berdalil kepada al hadits sehingga mereka secara kasat terjatuh kepada perkaara2 baru yg tdk dicontohkan oleh ar Rasul Mushafa Muhammad Shallahu 'alaihi wa sallam dalam perkara agama.
    5. hanya sedikit yg memahami syarat diterimanya amalan dalam islam. syarat diterima amalan perbuatan itu yaitu mengikhlaskan niat hanya kpd Allah dan mengikuti seluruh petunjuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam baik dlm perkara disulai maupun tidak disukai.

    Allahu a'lam

    mari belajar islam dngan pemahaman yg benar dan ambil hadits2 yg shahih dalam beramal.

    BalasHapus
  34. Saya org mlayu,,,,mlayu sumatra,,,sdih mndngr mlht kjdian yg ada,,,knp ini hrus trjdi,,pdhl kit sesam indonesia,,,banyk suku mlayu ditindas org madura,,dikalbar,,,klimntan barat,,saya jg prihtin ama suku dayak,,pdahl dayak lemah lmbut,,,sopan santun,,bgitu tegaya suku madura,,,sadarlah suku madura,,,insafla suku madura,,,

    BalasHapus
  35. saya suku sunda. Saya sangat haus darah orng madura,

    BalasHapus
  36. Saya seng’anan campuran dayak dan melayu, semua itu sejarah kelam kalbar,jadikan pelajaran untuk anak cucu kita,, benar atau salah semua telah terjadi,, biarkan jadi SEJARAH,, jadilah manusia yg lebih baik dan martabat, Salam borneo raya.

    BalasHapus
  37. Biarlah yg lalu jadi pelajaran dn jgn sampe terjadi lagi..buat para pendatang hargailah kami di rmh kami sendiri..by sattar dayak paser

    BalasHapus
  38. Biarlah yg lalu jadi pelajaran dn jgn sampe terjadi lagi..buat para pendatang hargailah kami di rmh kami sendiri..by sattar dayak paser

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nii .. kami bakalan segan kalau orang pendatang segan datang ke pulau indah kita kalimantan

      Hapus
  39. Orang dayak itu benar... Ini masalah siapa yang bener siapa yang salah...

    Di jakarta timur prinsip orang madura TANAH TOHAN (TANAH TUHAN) jadi semaunya dia... Bikin tempat semaunya.. Modal nekat orang madura itu bikin enek kalo di liat...

    Siapa orangnya yang terima dan kuat saat di usik secara berlebihan...??? Seandaynya orang jawa tengah di uasik kaya dayak di usik..... Bakalan tumpah darah

    Lepas kepala cuman ngak sampe mangil panglima burung karna kita ngak punya panglima burung dan gak makan daging manusia hanya karna kesal. Cukup cincang cincang kasih makan anjing.

    BalasHapus
  40. itang itu bungul kyk nya wal ay, mnta di tatak kyk nya biji palir nya si itang tu, dasar tambuk kda beadab, klau seluruh madura nyerang kami, punah lah orang madura itu, emang kalimantan cma kalbar aja, pulau kalimantan ini besar bungul!!!! belajar dlu sna bru ngmong, dsar madura tambuk pembualan

    BalasHapus
  41. itang itu bungul kyk nya wal ay, mnta di tatak kyk nya biji palir nya si itang tu, dasar tambuk kda beadab, klau seluruh madura nyerang kami, punah lah orang madura itu, emang kalimantan cma kalbar aja, pulau kalimantan ini besar bungul!!!! belajar dlu sna bru ngmong, dsar madura tambuk pembualan

    BalasHapus
  42. Saya asli dr tangerang..disini rasanya hampir smua suku di indonesia ada di tangerang..selama pendatang sopan kpda pribumi..kami jg bkal segan kpd mereka..jd saya bisa merasakan bgaimna rasa kesal jika ada pendatang yg bertindak semena2 di tanah borneo..ya memang kebnyakan suku madura yg merantau slalu ingin menguasai..mka tdk heran jka sering trjadi gesekan antara suku lokal dgn suku madura..makanya slalu ingat..dimna bumi dipijak..disitulah langit dijunjung..
    salam persatuan Indonesia..

    BalasHapus
  43. Saya asli dr tangerang..disini rasanya hampir smua suku di indonesia ada di tangerang..selama pendatang sopan kpda pribumi..kami jg bkal segan kpd mereka..jd saya bisa merasakan bgaimna rasa kesal jika ada pendatang yg bertindak semena2 di tanah borneo..ya memang kebnyakan suku madura yg merantau slalu ingin menguasai..mka tdk heran jka sering trjadi gesekan antara suku lokal dgn suku madura..makanya slalu ingat..dimna bumi dipijak..disitulah langit dijunjung..
    salam persatuan Indonesia..

    BalasHapus
  44. saya saran kan para pendatang yg datangn ke pulau kalimantan ini jgn lah sombong dan mau semena -mena terhadap penduduk asli karena diatas langit masih ada langit itulah yang terjadi di kerusuhan di kalimantan antara etnis pribumi dan pendatang peribahasa nya adalah anda sopan kami lebih sopan lagi menyambut anda tapi sebalik nya. suku dayak,kutai,banjar,melayu adalah orang yang sopan santun dan ramah, kerusuhan kalbar(sambas),Kateng (Sampit), Kaltim(Tarakan) adalah potret Betapa terusik nya warga asli Pribumi (Kalimantan ) sampai meledak lah kerusuhan tsb

    BalasHapus
  45. Tolong iya jangan pernah mengadu domba lagi.... sekarang MADURA dan DAYAK SAMPIT sudah damai.. jadi saya mohon jangan di ungkit lagi ingat binika tunggal ika.. meskipun beda suku budaya tetapi tetap satu bahasa... saya orang madura asli bangkalan... salam persahabatan brafo indonesia qu tercinta... semoga selalu damai amiiiin

    BalasHapus
  46. Itang mau mati sekarang apa besuk..bangsat sini kalau pengen duel sama saya..kami gk mau memulai tpi kalau kamu jual saya beli.pengen mandau ku ya terbang kesana...kerigitan banar sudah aku nah lew ae.kalau udh ya udh jgn nentang lg...diam cri aja lg untuk sesuap nasi gk ush cri mati

    BalasHapus
  47. Itang mau mati sekarang apa besuk..bangsat sini kalau pengen duel sama saya..kami gk mau memulai tpi kalau kamu jual saya beli.pengen mandau ku ya terbang kesana...kerigitan banar sudah aku nah lew ae.kalau udh ya udh jgn nentang lg...diam cri aja lg untuk sesuap nasi gk ush cri mati

    BalasHapus
  48. Sekarang di Banjarmasin aja madura sudah mulai was2 klo dibantai dayak loksado dll, untung DAD KALSEL orangnya bijak2 dan aparat pemerintah setempat cepat bertindak mengadakan perdamaian dayak vs madura jika tidak banjar jadi sampit ke 2

    BalasHapus
  49. Mati di kandang musuh itu berani, kalo mati di kandang sendiri itu di basmi wkwkwk

    BalasHapus
  50. usir aja pendatang dari madura,jangan di beri kesempatan.nanti bikin onar lagi

    BalasHapus
  51. musnahkan madura anjing ,tai sapi

    BalasHapus
  52. musnahkan madura anjing ,tai sapi

    BalasHapus
  53. Terima kasih referensinya gan saya jadi banyak belajar, banyak dari masyarakat kalimantan yg merantau kepulau jawa khususnya jogjakarta, jogja merupakan pulau dgn keberagaman yg sangat luar biasa,, saya sangat tersanjung dengan sikap orang jawa yg sangat ramah dan mudah sekali bergaul dengan kami suku dayak, di jogja saya melihat sudah tidak ada batasan antara budaya semua orang,, yg saya tau hanyalah indonesia, di kota ini saya banyak belajar,, bahwa inilah yg kita inginkan selama ini, peristiwa yg pernah terjadi ini merupakan pelajaran untuk kita semua, untuk saling menghormati,menghargai adat dan istiadat dimana kita tinggal, pokoknya jawa, madura, dayak, melayu, bugis, banjar, atau apapun itu adalah bagian dari indonesia, sudah sepatutnya kita belajar dari sejarah ini untuk membangun bangsa yg lebih baik. Bravo dayak, bravo jogja, bravo indonesia, salam damai

    BalasHapus
  54. Terima kasih referensinya gan saya jadi banyak belajar, banyak dari masyarakat kalimantan yg merantau kepulau jawa khususnya jogjakarta, jogja merupakan pulau dgn keberagaman yg sangat luar biasa,, saya sangat tersanjung dengan sikap orang jawa yg sangat ramah dan mudah sekali bergaul dengan kami suku dayak, di jogja saya melihat sudah tidak ada batasan antara budaya semua orang,, yg saya tau hanyalah indonesia, di kota ini saya banyak belajar,, bahwa inilah yg kita inginkan selama ini, peristiwa yg pernah terjadi ini merupakan pelajaran untuk kita semua, untuk saling menghormati,menghargai adat dan istiadat dimana kita tinggal, pokoknya jawa, madura, dayak, melayu, bugis, banjar, atau apapun itu adalah bagian dari indonesia, sudah sepatutnya kita belajar dari sejarah ini untuk membangun bangsa yg lebih baik. Bravo dayak, bravo jogja, bravo indonesia, salam damai

    BalasHapus
  55. Terima kasih referensinya gan saya jadi banyak belajar, banyak dari masyarakat kalimantan yg merantau kepulau jawa khususnya jogjakarta, jogja merupakan pulau dgn keberagaman yg sangat luar biasa,, saya sangat tersanjung dengan sikap orang jawa yg sangat ramah dan mudah sekali bergaul dengan kami suku dayak, di jogja saya melihat sudah tidak ada batasan antara budaya semua orang,, yg saya tau hanyalah indonesia, di kota ini saya banyak belajar,, bahwa inilah yg kita inginkan selama ini, peristiwa yg pernah terjadi ini merupakan pelajaran untuk kita semua, untuk saling menghormati,menghargai adat dan istiadat dimana kita tinggal, pokoknya jawa, madura, dayak, melayu, bugis, banjar, atau apapun itu adalah bagian dari indonesia, sudah sepatutnya kita belajar dari sejarah ini untuk membangun bangsa yg lebih baik. Bravo dayak, bravo jogja, bravo indonesia, salam damai

    BalasHapus
  56. Dominasi Madura di Kalimantan adalah penyebab awal adanya persaingan dan kesenjangan ekonomi

    BalasHapus
  57. saya orang jogja. walaupun daerah kami hampir dikatakan sempurna. tapi haram bagi kami menyombongkan diri. ntah itu tentang wilayah lah atau apalah... surgaku surgamu jg

    BalasHapus
  58. saya sadar. tak selamanya saya akan membanggakan daerah yg saya saya singgahi ini. ada saatnya kelak saya berada di daerah orang. dan numpang di daerah lain.. kami prcaya orang itu kalau tidak pernah mukul tak bakalan terkena pukulan pula.. jadilah pengoment yg menyejukan.. setiap daerah pasti punya kelebihan dan kekurangan masing2. salinglah melengkapi satu sama lain dg dilandasi pancasila

    BalasHapus
  59. saya sadar. tak selamanya saya akan membanggakan daerah yg saya saya singgahi ini. ada saatnya kelak saya berada di daerah orang. dan numpang di daerah lain.. kami prcaya orang itu kalau tidak pernah mukul tak bakalan terkena pukulan pula.. jadilah pengoment yg menyejukan.. setiap daerah pasti punya kelebihan dan kekurangan masing2. salinglah melengkapi satu sama lain dg dilandasi pancasila

    BalasHapus
  60. Saya melayu sambas serumpun brunai, malaisia, . Kalau ada macam2 sama dayak maka kami juga akan turun tangan . Karna dayak adalah daging kami dayak punah otomatis kami akan terjajah . Kami siap mati kalau ada yang mcam2 sama dayak ,

    BalasHapus
  61. Menyimak comment diatas sy menyimpulkan dari sudut pandang lain semoga bisa mengubah cara pandang untuk hidup rukun.
    1. Aroma politik pada kerusuhan kental karena dengan adanya perpecahan setiap etnis, warga mencari perekat/ figur dari etnisnya sendiri. Yang diuntungkan aktor tokoh politik untuk kekuasaannya.
    2.Rusuh tidak seharusnya terjadi karena setiap level pemerintahan telah dilengkapi dengan aparatur hukumnya. Bila intelejen cepat bergerak karena martir masalah ras muncul pasti hal ini tidak akan meledak. Kebencian ini sengaja dipupuk dan dibenih agar meledak disaat yang tepat terlepas siapa benar dan salah selama kita tetap mau dalam tatanan negara hukum.
    3. Kita semua adalah bidak/korban politik badut serakah penguasa, pengusaha yang memainkan langkah selama kita tidak pernah sadar "apa sebenarnya masalah ini".
    Aparat tidak adil bertindak dan melayani?. Takut (omong kosong). Ini sengaja. Hancurkan oknum penegak hukum korupnya.
    Mengganggu ketertiban umum. Dilaporkan, tidak ditindak lanjuti. Hancurkan oknum penegak hukumnya.
    Mereka digaji dan dinafkahi rakyat, bukan menjadi pengadu domba.
    Bila kita memainkan tangan kita sendiri untuk hukum dengan alasan apapun, akan miris negeri ini.
    Aceh bisa saja memenggal minoritas jawa di daerahnya.
    Jawa mencincang Aceh di pulau Jawa.
    Dayak tidak memiliki akses pendidikan lebih baik karena SDM potensinya selalu dihabisi dibandara Jakarta.
    Marilah renungkan Saudaraku, kita semua Saudara dan cari hakikat akar masalah sebenarnya.

    BalasHapus
  62. Hidup ini indah bila banyak keluarga disekitar kita. Yang berlalu ambil hikmahnya. Arogansi terpelihara karena hukum yang lemah. Kalian tidak salah saudaraku, tetapi sebaiknya kita mendalami kenapa semua bisa terjadi bila kita kupas dari sudut berbeda. Apakah mungkin semua bisa terjadi bila semua yang mengaku satu suku sama kita, punya wewenang bertindak cepat bisa ada gejolak besar??. Apakah korban ada dari kita pejabat, cukong2 yang satu suku sama kita??.

    BalasHapus
  63. Walaupun sikap kami lemah lembut kami tidakk takut
    Anda sopan kami segan anda lancang kami garang

    BalasHapus
  64. Bersyukur dengan keajaiban Dr UGBO membawa kembali istri saya. i telah dipisahkan dengan istri saya sejak 8 bulan sekarang dan kami telah hidup bahagia sebelum kita bertengkar dan dia pergi setelah pria lain. saya terkejut bagaimana ini terjadi saya memutuskan untuk pergi ke mantra kastor yang dapat membantu saya. saya mencari di internet saya melihat beberapa mantra kastor tapi Dr UGBO kesaksian begitu banyak dibandingkan dengan others.i menghubungi email nya: ugboazen01@gmail.com dan setelah saya lakukan ia berjanji bahwa pada Hanya 24 jam pacar saya akan datang kembali dan mulai memohon saya untuk kembali ke dengan saya lagi. Saya pikir saya adalah semua lelucon sampai. ia selesai dengan casting mantra cinta saya dan itu bagaimana ia datang kembali keesokan harinya dan berjanji tidak akan meninggalkan aku kesepian lagi. berkat Dr UGBO untuk work.contact nya indah Email nya: ugboazen01@gmail.com} Ugboazen@outlook.com]

    1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
    (2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
    (3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
    (4) Anda ingin wanita / pria berjalan setelah Anda.
    (5) Jika Anda ingin anak.
    (6) Anda ingin menjadi kaya.
    (7) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi milik Anda selamanya.,,,,,,,,,

    BalasHapus
  65. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    BalasHapus
  66. Perbedaan itu anugerah . Dan bersama dalam perbedaan itu indah.

    BalasHapus
  67. Anda sopan kami segan
    Anda nekat kami sikat

    BalasHapus
  68. Anda sopan kami segan
    Anda nekat kami sikat

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Saya asli kalimantan bersuku dayak-melayu,,tetap damai lah dingsanak berataan di kalimantan.. Kita mesti tetap bersatu dan jaga keamanan dan ketentraman kalimantan.. Saya Cinta pulau borneo selamanya :)

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Kami dari jawa barat tapi asli jawa kami pernah ikut berperang melawan dayak di sampit untuk melindungi warga madura
    Dan dayak pun mundur kalah dalam perang dan pemukiman sudah dipasang pagar gaib dan kami tau kelemahan orang dayak .
    Madura ingin balas dendam dari jawa timur ke kalimantan tapi dilarang oleh pemerintah orang dayak cuma bisa santet kebal sama pelet trus indra penciuman sama jin .
    Orang jawa dan madura mampu mengetahui kelemahan orang dayak hanya saja pemerintah melarang dari jawatimur ke kalimantan .
    Ini dari jawa dan madura .
    Orang dayak bisa apa .
    Banyak orang kami menyusup berperang mengaku orang madura .
    Ini cerita blog tidak lengkap masih awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye bang awak la yg jago. Yg dak bise mati pokok ny is the best la ilmu ny

      Hapus
  73. Jangan remehkan madura kau dayak tidak tau kemampuan madura yang sebenarnya .
    Ini cerita blog tidak lengkap jadi bertanya lah yang pernah ikut berperang .
    Orang dayak kemampuan nya itu itu aja disini juga banyak .
    Jangan menyakiti anak anak apa lagi wanita .
    Kalau orang dayak datang dijawa barat patut dirukiyah dulu biar jin nya keluar .

    BalasHapus
  74. Orang jawa berkuasa diindonesia
    Memiliki ilmu tinggi
    Pintar dan jenius
    Dan juga budi luhur yang baik saling menghormati antar suku bangsa dan jawa suku bangsa terbesar di nusantara

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawa itu suku manja...besar karna program transmigran..ngge..ngge tpi nyuri..suku paling munafik berlinduNg dibalik kesantunan

      Hapus
    2. jawa itu suku cabul...brengsek..!!!

      Hapus
    3. jawa itu suku cabul...brengsek..!!!

      Hapus
  75. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  76. Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

    Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs.Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

    BalasHapus
  77. Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

    Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs.Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

    BalasHapus
  78. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  79. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

    BalasHapus
  80. hahah tertarik dengan kata katanya bang hanif jika jawa yg terbaik d indonesia .. saya orang makassar memang nya di indonesia cuma suku jawa saja yah .. kok anda bilang bgtu .. ? Hebat yah

    BalasHapus
  81. Halo semua,
    Nama saya nur syarah, saya dari kota Bogor indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua perbedaan wanita di Filipina, saya harap saya akan bertemu orang yang tepat, tapi saya tidak.

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya kepada Mrs. Margaret pedro, CEO Margaret, dan saya mengajukan 420 juta, menurut saya Ini adalah lelucon dan kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  82. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp700,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan
    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada ntak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan ko

    BalasHapus
  83. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pinjaman peminjam di internet dari NIGERIA dan lainnya bagian dari AFRIKA,

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan Rp18,7 juta, untuk seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang Access Loan Firm, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari LADY ESTHER, jadi I Screams menuangkan dan menghubungi LADY ESTHER. via email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya diperintahkan untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit I dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp200 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER dengan baik melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  84. KABAR BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman RM760.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah sekitar 2%.

    Saya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya bisa mendapatkan perusahaan pinjaman yang asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya punya banyak bank dan perusahaan keuangan untuk menghentikan saya, tetapi semua menolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan percaya diri dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya karena mereka memberi saya harapan lagi. Harap berhati-hati ketika mencari perusahaan pinjaman karena ada perusahaan pinjaman palsu yang akan menipu Anda dari uang Anda namun Anda tidak akan mendapatkan pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau Anda masih dapat menghubungi ibu Rebacca melalui nomor whatsapp: +14052595662.

    Anda masih dapat menghubungi saya melalui alamat email saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati Anda semua saat Anda mendapatkan pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga membagikan kabar baik sehingga orang tidak akan jatuh cinta pada perusahaan palsu di mana pun.

    BalasHapus
  85. Promo Spesial :

    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x (dapat di Klaim Setiap Hari)
    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus 5% Deposit Setiap Hari
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%

    Tersedia Permainan Judi Online :
    » Bola / Sportsbook
    » Sabung Ayam
    » Casino Live
    » Slot online
    » Togel Online
    » Bola Tangkas
    » Tembak Ikan
    » Poker
    » Domino
    » Dan Masih Banyak Lainnya.

    Judi Online Deposit Menggunakan Ovo
    Judi Online Deposit Menggunakan Gopay
    Judi Online Deposit Menggunakan Linkaja
    Judi Online Deposit Menggunakan Dana
    Judi Online Deposit Menggunakan Sakuku
    Judi Online Deposit Menggunakan Pulsa Tanpa Potongan
    Judi Online Deposit Menggunakan Semua Jenis Bank Di Indonesia

    Pendaftaran Langsung Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus